Mengenal Sosok ENTJ, Pemimpin yang Berani Ambil Risiko

Sabtu 09-12-2023,14:33 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Bayu Indra Kusuma

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – Jika kamu merasa diri kamu atau teman kamu memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan selalu menawarkan diri untuk menjadi pemimpin, maka berdasarkan tes kepribadian MBTI atau Myers Briggs Type Indicator itu adalah salah satu ciri karakteristik dari tipe MBTI ENTJ. ENTJ merupakan salah salah satu dari 16 tipe MBTI yang terdiri dari extraversion (E), intuition (N), thinking (T), dan judging (J).

Dengan karakter tersebut, sosok ENTJ biasanya dikenal tegas, penuh percaya diri, pandai bernegosiasi, dan rasional. ENTJ dijuluki “The Commander” atau “Sang Komandan” karena dianggap terlahir sebagai pemimpin yang baik. 

Namun disisi lain, karena sifatnya itu pula ENTJ sering dinilai sebagai orang yang arogan, kurang sabar, dan sulit membangun rasa empati.

BACA JUGA:Mengenal Orang dengan MBTI ESFJ, Si Extrovert yang Memiliki Hati Selembut Sutra

BACA JUGA:Kenali Sosok ESFP, Si Penghibur yang Gampang Bosan

Karakteristik kepribadian ENTJ

1. Visioner

Sebagai pemimpin sejati, ENTJ memiliki sifat visioner atau fokus memikirkan masa depan dan dikenal suka membuat rencana jangka panjang. Untuk mencapai tujuannya, ENTJ akan bekerja keras dan tidak mudah menyerah walaupun harus melewati situasi sulit sekalipun.

2. Rasional

Selain visioner, ENTJ dikenal selalu berpikir secara rasional dan tidak akan mudah terpengaruh oleh perubahan mood orang lain atau dirinya sendiri saat harus mengambil keputusan. Inilah yang membuat ENTJ bisa mengambil keputusan secara objektif dan efisien walaupun sedang di tengah situasi genting.

3. Pandai berkomunikasi

ENTJ memiliki kemampuan komunikasi yang sangat baik bahkan mereka mampu untuk menunjukkan karismanya saat berbicara di hadapan orang banyak. Kemampuan ini pula yang membuat ENTJ mudah bergaul dengan orang lain dan pandai bernegosiasi sebagai pemimpin.

4. Kurang peka

Karena sifatnya yang sangat logis, ENTJ cenderung sulit memahami perasaan orang lain dan bahkan perasaannya sendiri yang menimbulkan kesan seolah mereka tidak peduli terhadap perasaan orang lain. Sifat ini terbentuk karena ENTJ memiliki pikiran bahwa emosi dan sifat sensitif merupakan kelemahan pada diri seseorang, sehingga ia memutuskan untuk menyembunyikan kesedihannya alih-alih mengatasinya.

BACA JUGA:Mengenal Sosok ENTP, si Ekstrovert yang Doyan Berdebat

Kategori :