Selain Enak, Ini Dia 6 Manfaat Minum Madu yang Belum Banyak Diketahui

Minggu 10-12-2023,09:56 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Admin

2. Menguatkan Imun Tubuh

Manfaat minum madu secara rutin juga bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan antioksidan yang dimilikinya. Antioksidan berperan penting dalam melawan radikal bebas, melindungi tubuh dari berbagai penyakit, dan membantu mencegah timbulnya penyakit sehingga risiko terkena penyakit menjadi lebih rendah.

Selain madu, beberapa makanan dan minuman lain yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh termasuk jeruk, lemon, jeruk nipis, brokoli, bawang putih, jahe, telur, yoghurt, dan teh hijau. 

Melakukan kebiasaan tidur yang cukup setiap malam, menjalani rutinitas olahraga secara teratur, mengelola stres dengan baik, dan memenuhi kebutuhan cairan dengan minum minimal 8 gelas air per hari juga merupakan faktor-faktor penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

3. Mengatasi Gejala Asma

Bagi mereka yang mengalami seringnya serangan asma, mencoba minum madu secara teratur bisa menjadi bagian dari pendekatan perawatan alami. Madu telah terbukti dapat membantu mengatasi gejala asma karena mengandung zat antiradang yang mampu menghambat peradangan di saluran napas.

BACA JUGA:7 Manfaat Bersepeda untuk Meningkatkan Kesehatan Jasmani

BACA JUGA:Ahli Anak: Penularan Hepatitis Misterius Melalui Pernafasan dan Penceranaan, Tetap Gunakan Masker

Selain itu, manfaat minum madu juga dapat membantu melunakkan lendir, mengurangi gejala batuk saat terjadi serangan asma. Selain efektif untuk asma, konsumsi madu setiap hari juga diyakini memiliki manfaat dalam mengatasi bronkitis kronis.

Namun, untuk mereka yang memiliki alergi terhadap madu atau produk lebah lainnya seperti bee pollen, propolis, atau beeswax, sebaiknya hindari konsumsi madu.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat minum madu secara rutin juga memberikan dampak positif pada kesehatan sistem pencernaan. Efek ini terkait dengan adanya enzim dan prebiotik dalam madu yang mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus, memperbaiki keseimbangan mikrobiota, dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Dengan manfaat ini, mengonsumsi madu setiap hari dapat membantu mencegah serta mengatasi masalah sembelit, serta meningkatkan frekuensi dan konsistensi tinja. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa madu dapat dianggap sebagai alternatif yang baik dalam pengobatan sindrom iritasi usus besar.

Kategori :