Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Semakin Parah

Jumat 17-11-2023,17:41 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Bayu Indra Kusuma

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Ada berbagai faktor yang memperparah minus pada mata kamu, mulai dari usia, kebiasaan membaca di tempat gelap, hingga terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop. Namun jangan khawatir, karena hal ini bisa dihindari melalui berbagai cara. 

Miopi atau rabun jauh merupakan masalah penglihatan yang umum terjadi. Distorsi ini menghalangi kamu untuk melihat objek jauh dengan jelas. 

Dokter akan memastikannya dengan melakukan pemeriksaan mata negatif sebelum mengobatinya dengan kacamata, lensa kontak, atau operasi laser.

Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Semakin Parah

Namun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, ada baiknya mengetahui apa saja penyebab penyakit miopi semakin parah agar dapat dilakukan tindakan pencegahan.

BACA JUGA:5 Tips Cara Merawat Kulit Wajah yang Berjerawat

BACA JUGA:Berbagai Tips dan Cara Untuk Hilangkan Stretch Mark

Penyebab Mata Minus

Belum diketahui apa penyebab miopi dan mengapa miopi bisa bertambah parah. Namun, para ahli percaya bahwa patologi ini adalah kombinasi dari faktor keturunan dan kehidupan.

Jika kamu menderita miopi, berikut beberapa faktor penyebab miopia semakin parah yang perlu kamu ketahui:

1. Faktor bertambahnya usia

Miopi bisa bertambah buruk seiring bertambahnya usia. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk jika kamu memiliki tekanan darah tinggi dan diabetes atau jika kamu melihat sesuatu dalam waktu lama, seperti saat kamu bekerja di depan komputer. 

2. Kebiasaan membaca dalam keadaan gelap

Sering membaca dalam cahaya redup juga dapat memperparah miopi. Sekalipun kamu merasa nyaman saat membaca dan penglihatanmu tidak terganggu, tetapi penglihatan kamu nantinya akan cepat rusak.

BACA JUGA:Tips Perawatan Kulit Kering dengan Baik

Kategori :