Jangan Salah! Inilah 5 Manfaat Menggunakan Sunscreen Meski Musim Hujan

Selasa 14-11-2023,09:11 WIB
Reporter : Alma Meidhita
Editor : Puput Nursetyo

Dalam musim dingin atau di bawah hujan, sunscreen tidak boleh diabaikan. Penggunaannya membantu merawat keindahan warna kulit, menjadikannya poin penting dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari.

3. Mencegah Tanda Penuaan Dini

Entah cuaca panas atau hujan, tanda penuaan dini menjadi hal yang tidak bisa kita hindari. Untuk mengurangi dampak penuaan dini, sunscreen menjadi senjata utama dalam melindungi kulit.

Cuaca hujan dan lembap sering kali lebih merugikan karena memerlukan perawatan ekstra untuk mengatasi risiko kulit kering dan keriput. Terutama bagi kulit yang cenderung kering, tidak menggunakan sunscreen saat cuaca dingin bisa menyebabkan kulit semakin kering dan kerutan menjadi lebih jelas terlihat.

Sunscreen mengandung agen anti-penuaan yang telah teruji klinis untuk mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV, yang dapat memengaruhi kolagen dan elastin.

BACA JUGA:10 Cara Efektif Perawatan Kulit Dehidrasi

BACA JUGA:Begini Perawatan Muka Pria Yang Benar!

Artinya, manfaat menggunaan sunscreen bukan sekadar melindungi dari paparan sinar UV, tapi juga mencegah efek merugikan yang dapat timbul akibat paparan tersebut.

4. Mencegah Risiko Kanker Kulit

Manfaat menggunakan sunscreen yang berikutnya yaitu untuk mencegah risiko kanker kulit. Seperti penyakit lainnya, kanker tidak pernah berhenti dan bisa kambuh karena gaya hidup yang tidak sehat.

Meskipun sinar matahari kurang bersinar dan hujan sering turun, bukan berarti efek berbahaya dari sinar UV secara otomatis berkurang.

Sinar UV matahari masih bisa menembus hingga 80% pada hari-hari yang mendung. Saat musim hujan dan dingin, risiko terkena kanker kulit tetap ada, sehingga penting bagi seseorang untuk tetap melindungi diri.

BACA JUGA:Inilah 6 Cara Ampuh Perawatan Kulit Gatal

BACA JUGA:Cara Mudah Perawatan Kaki Kering Agar Tidak Semakin Parah

Sebanyak 90% kanker kulit non-melanoma terkait dengan paparan sinar UV, itulah mengapa penting untuk menggunakan sunscreen setiap hari. Selain itu, penting diingat bahwa kerusakan berulang pada DNA dapat menyebabkan kanker kulit.

Tabir surya dengan Sun Protection Factor (SPF) melindungi kulit dari paparan sinar UVB, yang sering menyebabkan kulit terbakar, kerusakan kulit, dan berkontribusi signifikan pada risiko kanker.

Kategori :