Stok Melimpah, Ikan Hasil Budidaya Desa Pancasan, Ajibarang Dijual dengan Harga Lebih Murah Pada Warga

Kamis 26-10-2023,17:50 WIB
Reporter : Yudha Iman Primadi
Editor : Susi Dwi Apriani

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Melimpahnya stok ikan hasil budidaya di Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, disiasati desa dengan menjual ikan kepada warga dengan harga lebih murah.

Akhir pekan lalu berbagai jenis ikan diantaranya Nila, Melem dan Mujaer langsung dijual pada warga Pancasan di obyek wisata Kali Pagak. Tidak setiap Minggu digelar, diharapkan dengan harga yang dibawah pasaran dapat meningkatkan animo warga untuk mengkonsumsi ikan selaras dengan Gerakan Gemar Makan Ikan yang telah disosialisasikan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan (Dinkanak) di Ajibarang.

Kasi Pelayanan Desa Pancasan, Jangi membenarkan adanya penjualan ikan langsung di Kali Pagak pada akhir pekan lalu. Tidak perlu jauh berbelanja ke Pasar Ajibarang, warga Pancasan cukup datang ke Kau Pagak untuk membeli ikan Nila, Melem dan Mujaer.

"Hasil panen desa sendiri. Harga yang dijual untuk warga dibawah pasaran," katanya, Kamis (26/10/2023).

BACA JUGA:Hanggar Desa Ajibarang Kidul Dilaunching, Operasional Mulai Pekan Depan

BACA JUGA:Status Kembali Jadi Jalan Desa, Perbaikan Jalan di Grumbul Gualangu, Desa Sawangan, Banyumas, Dikerjakan Desa

Jangi menjelaskan, untuk penjualan ikan langsung dari kolam Kali Pagak tidak dilakukan setiap minggu dan hanya pada momen-momen tertentu di saat stok ikan hasil budidaya di Desa Pancasan melimpah. Di awal budidaya berbagai rintangan seperti banyaknya ikan di kolam milik desa yang mati saat ini telah berhasil dilewati.

"Modal awal sampai jutaan rupiah hilang karena ikan semua mati. Untuk sekarang hasil sudah relatif stabil," terang dia.

Pekerja BUMDes Berkah Banyu Makmur Desa Pancasan, Triyo mengungkapkan ikan hasil budidaya dari desa dari sisi harga jual sulit dipasarkan oleh desa dengan sempat masuknya banyak stok ikan dari luar Banyumas di Pasar Ajibarang. Pedagang tidak berani untuk mengabil ikan dari desa dengan pertimbangan harga ikan yang jatuh karena banyaknya stok ikan di pasar.

"Dijual kepada warga sendiri justru bisa sedikit lebih tinggi. Selain itu juga untuk membantu warga," katanya. (yda)

Kategori :