UT Purwokerto Adakan Pembimbingan PKM dan PKP

Senin 02-10-2023,20:20 WIB
Reporter : Humas UT Purwokerto
Editor : Laily Media Yuliana

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Universitas Terbuka (UT) Purwokerto kembali menggelar kegiatan pembekalan pembimbingan mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM) dan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP). Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan Pembimbing (Supervisor 1 dan 2), Penilai dan Penguji memahami tugas dan tanggung jawab mereka dalam mendampingi mahasiswa melaksanakan PKM PKP.

Keiatan Pembekalan ini diadakan 2 hari. Hari pertama dilaksanakan di Aula SMK N 2 Slawi, Sabtu (30/9/2023) diikuti oleh 146 peserta. Sedangkan hari kedua dilaksanakan pada Minggu (1/10/2023) di Aula Fakultas Ilmu Budaya Unsoed dan diikuti 275 peserta. 

Direktur UT Purwokerto dalam kesempatan ini diwakili oleh Dosen UT Purwokerto, Dra Sri Weningsih, MSi menyampaikan pentingnya peran supervisor, penilai dan penguji dalam membimbing mahasiswa, menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran dan melakukan refleksi pembelajaran.

“Pemahaman yang mendalam tehadap panduan yang berlaku sangat penting agar pelaksanakan PKM PKP dapat berjalan dengan optimal dan mencapai tujuan yang diharapkan,” ujar Sri Weningsih dalam sambutannya.

BACA JUGA:851 Mahasiswa UT Purwokerto Diwisuda

BACA JUGA:UT Purwokerto Mulai Adakan Kegiatan PKBJJ

Peserta sosialisasi diberikan materi terkait pedoman teknis pembimbingan PKM PKP. Materi tersebut meliputi prosedur pembimbingan, penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, kriteria penilaian dan tugas penguji atau penilai. 

Dalam sesi diskusi, para peserta berkesempatan untuk berbagi pengalaman dan best practice dalam membimbing mahasiswa. Hal ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk saling memperkaya wawasan dalam pemecahan kendala pembimbingan PKM PKP.

Dengan diselenggarakannya kegiatan pembekalan ini, diharapkan pelaksanaan mata kuliah PKM PKP di  UT Purwokerto berjalan sesuai dengan ketentuan dan dapat mencapai tujuan mata kuliah yang diharapkan yaitu meningkatkan kemampuan professional guru dalam mengelola pembelajaran. (*)

Kategori :