Lahan Milik Perhutani Seluas 2 Hektar di Karangpucung Terbakar

Minggu 06-08-2023,07:11 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Laily Media Yuliana

CILACAP, RADAR BANYUMAS - Lahan milik Perhutani yang terletak di samping Jalan Nasional Karangpucung-Lumbir masuk Desa Tayem Timur, Kecamatan Karangpucung terbakar, Sabtu (5/8/2023).

Penyebab kejadian bermula ketika salah seorang warga membakar lahan milik pribadi di sekitar lahan milik Perhutani, sekira pukul 11.30.

"Namun dampak yang ditimbulkan merembet ke lahan milik Perhutani seluas kurang lebih 2 hektar," kata Kepala Damkar Cilacap, Supriyadi pada Radarmas, Minggu (6/8/2023).

Api cepat merambat ke lahan milik Perhutani yang terdapat sisa pohon pinus, sehingga memudahkan area terbakar dan meluas sekira 2 hektare.

"Setelah mendapat laporan, kita segera kirimkan petugas jaga Pos Damkar Majenang sebanyak lima orang, dibantu lima orang relawan, petugas Perhutani, Forkompimcam Karang Pucung, dan petugas dari BPBD," lanjut Supriyadi.

Petugas Damkar menerjunkan armada berkapasitas 1.200 liter air, dan dibantu suplai air dari BPBD Majenang. Setelah hampir lima jam, api berhasil dikendalikan kemudian dilanjutkan dengan pendataan.

"Luasnya area yang terbakar membuat pemadaman memakan waktu cukup lama, tapi pagi ini secara keseluruhan api sudah berhasil di padamkan," tegasnya.

Selanjutnya, Pihak Damkar memberikan edukasi serta sosisaliasasi tentang kebakaran kepada masyarakat sekitar. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian nomor Pos Damkar dan aplikasi Satkartaru SIAP. (jul)

Kategori :