Sehari, Dua Bangunan di Banyumas Alami Kebakaran, Kerugian Mencapai Puluhan Juta Rupiah

Senin 10-07-2023,15:29 WIB
Reporter : Ahmad Erwin
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID- Dalam sehari, kasus kebakaran menimpa dua bangunan di Kabupaten Banyumas, Minggu (9/7/2023) kemarin. Total kerugian akibat dua kasus kebakaran tersebut mencapai puluhan juga rupiah.

Kasus kebakaran pertama, menimpa warung Warmindo Atap Langit di jalan Letjend Pol. Soemarto pukul 00.48 dini hari, lalu kejadian kebakaran yang kedua menimpa sebuah rumah di Rt 02 Rw 03 desa Sokawera Kecamatan Somagede pukul 12.00 WIB siang.

Kepala UPT Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Banyumas, Andaru Budilaksono mengatakan, penyebab terbakarnya dua bangunan tersebut berbeda. Untuk kebakaran di warung Warmindo diduga karena kebocoran selang gas LPG.

BACA JUGA:Kipas Angin Konslet, Akibatkan Kebakaran Rumah di Binangun

"Menurut saudari Indah (karyawan,red) posisi kompor dalam keadaan menyala (sedang memasak) kemungkinan ada kebocoran gas lalu api menyambar dan terjadi penyalaan api lebih besar," kata Andaru, Senin (10/7/2023).

Sementara kebakaran rumah di Sokawera Somagede, lanjut Andaru, diduga dipicu oleh terjadinya korsleting listrik.

"Korsleting listrik, jadi saat Nasriah (penghuni rumah, red) berada di ruang tamu kemudian mendengar bunyi pletok-pletok di bagian kamar lantai 2. Setelah diperiksa api sudah besar membakar kamar dan langsung berteriak kepada warga sekitar untuk memadamkan api menggunakan peralatan seadanya," jelasnya.

BACA JUGA:Tiga Jam Baru Padam, Kebakaran Tempat Penggilingan Padi Rugi Hingga Ratusan Juta Rupiah

Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

"Untuk Warmindo kerugian ditaksir kurang lebih Rp 1 juta, rumah di Sokawera kerugian ditaksir mencapai kurang lebih Rp 50 juta," terangnya.

Andaru pun menghimbau, agar masyarakat dapat tetap waspada dan selalu berhati-hati terhadap hal-hal yang bisa memicu terjadinya kebakaran. (win)

Kategori :