Panen Raya di Cilacap Akan Berlangsung Bulan Ini

Kamis 02-03-2023,14:32 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Admin

CILACAP - Panen raya diprediksi bakal berlangsung pada bulan Maret 2023. Adapun target luasannya sebesar 32.373 hektare. 

 

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Mlati Asih mengatakan, dari luasan tersebut, jumlah produksi padi mampu mencapai 204.274 ton gabah kering giling atau 122.259 ton beras.

 

"Untuk penyumbang terbanyak di Maret ini ada di Kecamatan Gandrungmangu. Ada 4.474 hektare yang panen," kata dia.

 

Dikatakan Mlati, dari luasan panen tersebut maka stok beras di Kabupaten Cilacap bakal mencukupi hingga satu tahun ini. Bahkan diprediksi akan mengalami surplus.

 

"Biasanya dengan stok tadi tambahan di bulan Februari dan Maret nanti kita sudah mencukupi untuk kebutuhan satu tahun. Bahkan sudah surplus biasanya seperti itu," ujar Mlati. 

 

Mlati pun berharap nantinya panen raya di Cilacap hasilnya bisa melimpah, dan harga beras di pasaran bisa kembali stabil. 

 

"Saat ini untuk harga pokok penjualan dari Bapanas belum keluar, rencana akan mengambil padi di petani. Namun saat ini belum keluar. Kalau merujuk SK Mendag sudah tidak sesuai lagi, karena harga sudah tinggi," kata Mlati. (ray)

Tags :
Kategori :

Terkait