Jakarta – Disrupsi digital yang terjadi di industri perbankan memaksa perbankan untuk melakukan tranformasi agar tetap dapat bertahan dan bersaing. Adanya pandemi yang terjadi merubah pola konsumsi masyarakat ke arah digital dan pada ujungnya mendorong perbankan mengakselerasi proses transformasi menuju perbankan digital .
Salah satu bank yang berhasil melakukan transformasi digital yakni PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI. BRI yang melakukan telah melakukan transformasi sejak tahun 2015 berhasil dalam transformasi digital melalui dua pendekatan utama, sehingga perseroan mampu melambungkan bisnis dengan layanan yang semakin prima dan modern bagi nasabah. “Kami di BRI memang melihat transformasi digital sebagai suatu hal yang akan membawa kami, melontarkan kami, untuk bisa lebih men- support bisnis, satu. Yang kedua, men- support utamanya juga untuk nasabah kami,” kata Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Arga M. Nugraha. Kesuksesan BRI dalam transformasi digital salah satunya terbukti dari diraihnya penghargaan ‘The Best Bank in Digital Service’ kategori Kelompok Bank berdasarkan Modal Inti (KBMI) 4 di acara Digital Banking Awards 2022, pertengahan Desember 2022 lalu. Arga lanjut menjelaskan, hal pertama adalah hybrid approach. Dalam hal ini BRI memadu padankan layanan digital dan konvensional. Yaitu melalui transformasi terhadap proses-proses bisnis eksisting dan membawanya lebih digital. Melalui pendekatan ini perseroan memperbaiki banyak proses sekaligus mempercepat personal bisnis dan juga meningkatkan efisiensi serta produktivitas. Hal yang kedua adalah business digital approach itu sendiri. Di mana perseroan menargetkan mencari new sources of growth hingga new business revenue. Sehingga memungkinan Insan BRILian atau pekerja BRI untuk mencari sumber pertumbuhan bisnis baru hingga di ranah yang tidak lazim bagi BRI melakukannya sebelumnya. “Ini yang sedang kami lakukan dan kami bayangkan selama beberapa tahun kemarin. Tahun 2021 lalu, kami coba reframe lagi niatan kami yang termaktub dalam sebuah dokumen yang kami sebut dokumen transformasi kami BRIVolution. Dan tahun lalu kami perbaharuhi dan kami segarkan dengan beberapa update yang kami sebut dengan BRIvolution 2.0,” ujarnya menjelaskan. Arga pun mencontohkan keberhasilan pendekatan digitalisasi BRI dalam dua produk utama yang digunakan di tataran eksternal atau nasabah, juga di tataran internal bagi tenaga pemasar. Dia menjelaskan flagship produk digital BRI seperti layanan utama untuk digital banking yaitu BRImo. BRImo merupakan produk andalan untuk melayani nasabah-nasabah yang lebih digital literate. Keberhasilan produk BRImo terlihat dari nilai transaksinya yang sudah sudah sekitar Rp2.669 triliun hingga akhir Desember 2022. Produk lainnya yang menurut Arga membanggakan adalah BRIspot, karena sebagai buah dari transformasi menjadi proses perbaikan secara digital di tataran internal. BRIspot menjadi aplikasi yang di kalangan industri perbankan disebut dengan loan origination system atau alat bantu secara internal untuk bisa memproses permintaan-permintaan nasabah dalam mengajukan pinjaman dan kredit. “Dalam satu hari itu, kawan-kawan kami di unit-unit kerja operasional bisa men- disbursed dari nasabah mikro sekitar Rp1 triliun. Itu tidak akan terjadi kalau tidak menggunakan BRIspot. Dulu tanpa adanya BRIspot memproses kredit itu rata-rata worst case-nya dua minggu. Dengan BRIspot kami bisa mempercepat proses kredit menjadi sekitar cuma dua hari saja. Bahkan pada banyak kasus dua jam selesai bila dokumennya lengkap,” katanya. Arga mengatakan seluruh layanan dan produk digital BRI terus-menerus diperbaiki dengan menggunakan perspektif nasabah. Dengan demikian, pihaknya meyakini masih banyak ruang untuk dikembangkan. Hal itu pun dapat menjawab kebutuhan nasabah dengan lebih baik. (*)Ini 2 Kunci Pendorong Keberhasilan Transformasi Digital BRI!
Senin 23-01-2023,09:48 WIB
Reporter : admin
Editor : admin
Kategori :
Terkait
Minggu 21-12-2025,08:03 WIB
Komitmen Nyata BUMN Peduli, BRI Terjunkan Relawan, Tegaskan Dukungan Jangka Panjang Pemulihan Bencana Sumatera
Jumat 19-12-2025,15:42 WIB
BRI Siapkan Rp21 Triliun untuk Memenuhi Kebutuhan Transaksi Masyarakat di Periode Libur Nataru
Jumat 19-12-2025,07:52 WIB
BRI resmi meluncurkan langkah strategis melalui Launching Corporate Rebranding BRI
Kamis 18-12-2025,11:17 WIB
BRI Konsisten Ciptakan Nilai bagi Negara dan Pemegang Saham, Bagikan Dividen Interim Tahun Buku 2025
Kamis 18-12-2025,10:17 WIB
Gelar RUPSLB, BRI Perkuat Tata Kelola dan Akselerasi Kinerja Tahun 2026
Terpopuler
Sabtu 20-12-2025,17:46 WIB
Lestarikan Budaya Nusantara, Sekolah Alam Perwira Gelar Open House Meriah
Minggu 21-12-2025,07:21 WIB
Sebelum Beli City Car, Wajib Lihat Spesifikasi Lengkap All New Daihatsu Ayla
Sabtu 20-12-2025,18:25 WIB
Grand Launching PMB UMP 2026 Disambut Ribuan Pelajar SMA
Minggu 21-12-2025,05:21 WIB
The New Hyundai Tucson 2025, SUV yang Bukan Sekadar Gaya tapi Juga Smart!
Minggu 21-12-2025,08:21 WIB
Vespa Sprint, Skuter Premium yang Diam-diam Punya Banyak Keunggulan
Terkini
Minggu 21-12-2025,15:21 WIB
Yamaha Vixion R 155 vs Kompetitor: Siapa Paling Unggul?
Minggu 21-12-2025,13:36 WIB
Logistik Permakanan Terdampak Tanah Bergerak Ketanda Belum Bisa Mandiri
Minggu 21-12-2025,10:21 WIB
Banyak yang Remehkan, Padahal Spesifikasi BYD Sealion 7 Bisa Bikin Melongo
Minggu 21-12-2025,09:21 WIB
Intip Kehebatan Yamaha MT?15, Motor Sport Lincah dengan Mesin Garang
Minggu 21-12-2025,08:21 WIB