Nelayan Jetis Panen Ikan Bawal Putih, Omset Penjualan Capai Rp 10 Juta Per Hari

Senin 05-12-2022,13:21 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Ali Ibrahim

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Para nelayan TPI Jetis Nusawungu kini sedang kebanjiran ikan bawal putih. Tak hanya itu, para pedagang ikan kini sedang merasakan untung karena penjualan ikan bawal putih tersebut.

Menurut Nelayan TPI Jetis, Agus, dalam sehari nelayan TPI Jetis bisa menghasilkan hingga 50 kilogram tangkapan ikan bawal putih.

Tak hanya itu para penjual ikan pun bisa menghasilkan omzet hingga Rp 10 juta per harinya.

BACA JUGA:Kabar Duka, Kandang Ayam di Dukuhwaluh Kembaran Terbakar, Kerugian Ditaksir Rp 300 Juta

"Di TPI Jetis kini sedang panen ikan bawal putih. Sehari para pedagang bisa menghasilkan Rp 10 juta dari hasil penjualan, meskipun banyak hasil tangkapan ternyata bawal putih menjadi favorit pembeli," ucapnya.

Menurutnya, sudah hampir seminggu para nelayan panen ikan tersebut dan para pedagang bisa menghasilkan omzet sebesar Rp 10 juta.

"Harga ikan bawal putih sendiri mengalami kenaikan. Ukuran bawal kecil kini satu kilogramnya di bandrol dengan harga Rp 100 ribu sedangkan ukuran besar bisa mencapai Rp 200 ribu. Kalau hari biasa harga dibawah Rp 100 ribu," katanya.

BACA JUGA:Pelatihan Tenaga Kerja Dibutuhkan untuk Kompetensi

Sedangkan menurut pedagang ikan TPI Jetis, Martini, peminat ikan bawal putih bukan hanya dibeli oleh pengunjung saja.

Namun banyak pedagang ikan keliling atau pasar yang juga membeli ikan bawal tersebut. Sehingga omzet bisa naik 10 kali lipat.

"Alhamdulillah sudah beberapa hari ini ikan bawal masih menjadi favorit pembeli, mereka beli tidak hanya satu atau dua kilo tapi bisa sampai lebih dari lima kilo," ujarnya. (ray)

Kategori :