Disemenisasi Rumah Semai Pintar Hemat Energi

Selasa 01-11-2022,19:15 WIB
Reporter : admin
Editor : admin

CILACAP – Dosen Politeknik Negeri Cilacap (PNC) yang tergabung dalam  Tim GSA  melaksanakan Diseminasi Rumah Semai Pintar Hemat Energi untuk membibitkan tanaman hortikultura bagi kelompok tani Makmur desa Bunton Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Pasalnya kegiatan pembibitan tanaman yang dilakukan oleh kelompok tani tersebut belum maksimal dikarenakan keterbatasan tempat, tenaga dan waktu dalam melakukan kegiatan pembibitan dan pemeliharaannya. Permasalahan tersebut menjadi salah satu kendala dalam penyediaan bibit tanaman hortikultura yang berkualitas.

Dosen PNC dalam tim GSA tersebut terdiri dari Galih Mustiko Aji S.T., M.T., dan Artdhita Fajar Pratiwi S.T., M.Eng dengan bidang keahlian Teknik Elektronika berkolaborasi dengan  Sari Widya Utami, S.P., M.Sc dengan bidang keahlian Teknologi Pertanian. Tim Dosen tersebut memanfaatkan panel surya sebagai sumber listrik pada rumah semai pintar tersebut untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas bibit hortikultura.

Diseminasi Rumah Semai Pintar Hemat Energi dilaksanakan  pada 25 oktober 2022.  Rangkaian kegiatan diseminasi tersebut terdiri dari pengenalan rumah semai pintar bertenaga panel surya, teknik pengoperasian rumah semai pintar terotomatisasi, serta teknik pembibitan tanaman bagi kelompok tani Makmur dan beberapa kelompok tani lainnya di wilayah desa Bunton. Pada kegiatan diseminasi tersebut juga dihadiri perwakilan Bapedda Kabupaten Cilacap, Kepala Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Adipala, serta beberapa penyuluh pertanian lapang (PPL) kecamatan Adipala.
Manfaat Rumah Semai Pintar hemat energi ini dijelaskan dengan apik oleh Artdhita.

“Rumah semai pintar ini menggunakan energi listrik dari panel surya, jadi tidak membebani penggunaan listrik rumah tangga petani” pungkas Artdhita di akhir penjelasannya.
Teknik pengoperasian sistem pencahayaan dan penyiraman pada rumah semai dijelaskan dengan sederhana kepada para peserta. Disela-sela praktek pengoperasian, Galih menyampaikan bahwa otomatisasi penyinaran dan penyiraman  yang ada pada rumah semai pintar sangat memudahkan petani dalam proses pembibitan tersebut. “cara penggunaan rumah semai ini dibuat semudah mungkin, dan ada tombol ON-OFF jadi petani tidak pusing dalam menggunakannya” ujar Galih.

Kegiatan diseminasi ditutup dengan games edukatif berupa teknik pembibitan tanaman yang dipandu oleh Sari. Games tersebut dirancang sebagai sarana diskusi menarik dengan para peserta. Menurut dosen PNC tersebut, keberhasilan proses pembibitan tanaman sangat dipengaruhi oleh kegiatan pemeliharaan, kondisi lingkungan seperti kecukupan cahaya, suhu, kelembaban, nutrisi dan pengendalian hama/penyakit yang mungkin menyerang pada fase pembibitan.

Harapan tim pengabdian dari PNC, kegiatan ini diseminasi ini dapat meningkatkan pengetahuan petani dalam teknik produksi bibit. Selain itu, bantuan rumah semai pintar hemat energi ini memudahkan anggota kelompok tani Makmur dalam menghasilkan bibit hortikultura yang berkualitas, cukup kuantitas dan terjamin kontinuitasnya. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait