Rofik Hananto bersama tim dari PT Energi Lautan Juara menyeleksi produk-produk UMKM Purbalingga untuk dipasarkan secara nasional.
Gelar Kontes Produk UMKM
PURBALINGGA-Anggota DPR RI dari Fraksi PKS, H Rofik Hananto SE berkomitmen terus membantu pemasaran UMKM Purbalingga. Hal ini dibuktikan dengan dilaksanakannya Beauty Contest untuk produk UMKM Purbalingga yang dilaksanakan di Braling Grand Hotel, Selasa (21/7). Pada kesempatan itu, Rofik mempertemukan sekitar 15 pelaku usaha UMKM dengan para pengusaha yang sudah memiliki jejaring pasar nasional, bahkan internasional.
Para pelaku UMKM tersebut diminta untuk melakukan presentasi untuk mengenalkan produknya, keunggulan produk, kapasitas produksi, omzet dan juga proses produksinya. “Kami mendatangkan para pengusaha dari PT Energi Lautan Juara. Mereka ini memiliki marketplace yang luas melalui hni.id. Kita pilih dan seleksi dengan baik untuk kita bantu untuk mengakses pasar yang lebih besar melalui jejaring HNI yang telah memiliki 4 juta agen di seluruh Indonesia dan ratusan ribu Halalmart,” tutur Rofik Hananto.
Produk yang terpilih tersebut akan dikenalkan sedikit demi sedikit di snack corner atau pojok UMKM di outlet-outlet yang ditempatkan di halalmart yang tersebar di seluruh Indonesia. Harapan kami, dengan meningkatknya omzet, UMKM akan semakin mandiri, berdaya dan naik kelas.
Rofik menjelaskan, seleksi tersebut didasarkan atas kualitas produk yang baik, halal, enak, sehat dan diminati masyarakat. Produk yang sehat itu tidak boleh menggunakan MSG, pengawet maupun pewarna yang berbahaya untuk kesehatan. Selain itu, tim penilai juga mempertimbangkan kemasan produk, kapasitas produksi maupun bahan bakunya.
Rofik menambahkan, pihaknya tidak hanya mendukung akses pasar saja. Namun, juga mengupayakan fasilitasi permodalan, teknologi tepat guna, peralatan produksi dan sebagainya. “Jika produknya bagus, tidak menutup kemungkinan untuk fasilitasi itu,” tambahnya.
Sementara itu, Direktur Semar Business School, Hj Fidhoh Threeyati yang juga tim penilai mengatakan, produk-produk yang ditampilkan oleh pelaku UMKM tersebut cukup khas dan bagus. Karena itu, pihaknya mempertemukan para pebisnis yang memiliki jaringan luas dengan para pelaku UMKM agar produk UMKM itu bisa go nasional, bahkan go international.
Fidhoh mengatakan, UMKM perlu mendapatkan perhatian yang lebih karena UMKM terbukti tangguh dan mampu bertahan ditengah kondisi ekonomi yang sulit sekalipun. Termasuk pada saat pandemi Covid-19 ini, banyak kaum Ibu yang semakin eksis dalam menjalankan bisnisnya. “Karena itu, kami dan Pak Rofik berupaya untuk menjembatani pelaku UMKM agar semakin berkembang,” tutur wanita murah senyum ini.(rdr/bdg)