RADARBANYUMAS. CO.ID - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) menyelenggarakan kegiatan Review Kurikulum Berbasis Outcome-Based Education (OBE) Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Kegiatan yang dilaksanakan di lantai 2 Gedung FKIP tersebut dihadiri oleh jajaran pimpinan, dosen, mahasiswa, serta para pemangku kepentingan dari berbagai lembaga pendidikan.
Dekan FKIP UMP, Assoc. Prof. Dr. Elly Hasan Sadeli, M.Pd., dalam sambutan pembuka menyampaikan apresiasi kepada seluruh undangan dan menegaskan pentingnya posisi Bahasa Arab di era modern.
“Bahasa Arab saat ini bukan hanya bahasa agama, tetapi telah menjadi bahasa diplomasi yang strategis dalam membangun kerja sama internasional di bidang politik, ekonomi, dan sektor global lainnya,” ujarnya.
Dekan juga mengapresiasi kinerja Program Studi dalam proses penyusunan kurikulum yang cepat dan terarah, serta menekankan pentingnya implementasi kurikulum OBE yang berorientasi pada capaian kompetensi nyata mahasiswa.
“Melalui review Kurikulum OBE ini, kami berharap capaian pembelajaran mahasiswa semakin kuat dan presisi, tidak hanya pada aspek kognitif tetapi juga menghasilkan luaran yang aplikatif dan relevan,” tambahnya.
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Muhammad Asdi Nurkholis, S.Pd.I., B.Ed., M.Pd., menjelaskan bahwa penyusunan kurikulum OBE dilakukan sebagai upaya penyesuaian dengan kebutuhan zaman serta tuntutan dunia kerja.
“Kurikulum ini dirancang untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam pedagogik, linguistik, dan keterampilan abad 21. Kami sangat terbuka terhadap masukan para stakeholder untuk memastikan kurikulum ini adaptif, unggul, dan berkelanjutan,” jelasnya.
Kegiatan ini dihadiri oleh para stakeholder dari berbagai lembaga, antara lain: UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, Pondok Pesantren Muhammadiyah Zam-Zam Cilongok, SD UMP, SMP UMP, dan SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto, Ma’had Al-Imam Malik, KBIH Surya Amanah Wisata, KBIH Rachmatoellah Semesta Alam.
Para tamu memberikan masukan konstruktif terkait relevansi kurikulum dengan kebutuhan lapangan, kualitas pembelajaran, serta kesiapan lulusan di berbagai sektor pendidikan dan non-pendidikan. Kegiatan dilanjutkan dengan sesi finalisasi dokumen kurikulum yang akan menjadi dasar penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab FKIP UMP pada periode berikutnya. Melalui kegiatan ini, FKIP UMP berkomitmen memperkuat kualitas lulusan PBA agar mampu berdaya saing, adaptif, dan sesuai tuntutan kebutuhan dunia kerja serta perkembangan keilmuan Bahasa Arab. (Icf/Chy)