RADARBANYUMAS.CO.ID - SIAPkerja Kemnaker merupakan sebuah program digital besutan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses berbagai layanan seputar dunia kerja.
Selain meningkatkan efektivitas pelayanan publik di bidang ketenagakerjaan, platform SIAPkerja Kemnaker dihadirkan guna menjawab kebutuhan soal tenaga kerja, perusahaan atau lembaga pelatihan.
Melalui sistem canggih yang terintegrasi, SIAPkerja Kemnaker menyediakan banyak fitur, seperti informasi lowongan kerja, sertifikasi ketenagakerjaan hingga pelatihan kompetensi.
Sejak diperkenalkan, program SIAPkerja diharapkan bisa memperkuat ekosistem ketenagakerjaan nasional. Kehadirannya tak hanya memudahkan koordinasi antar pihak terkait, namun juga mempercepat proses rekrutmen dan membantu meningkatkan kualitas tenaga kerja di Tanah Air.
BACA JUGA:Intip 3 Opsi Cara Cek BSU Kemnaker 2025 Lewat Handphone, Bisa Pakai Website dan Aplikasi Tambahan
Lantas, bagaimana cara daftar program SIAPkerja ini? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya yang dapat disimak.
Cara Daftar Program SIAPkerja Kemnaker
Beragam layanan di platform SIAPkerja bisa dinikmati pengguna secara gratis. Namun, Anda perlu memiliki akun terlebih dahulu sebelum mencobanya.
Pendaftaran akun sendiri bisa diakses melalui laman resmi Kemnaker. Berikut panduan lengkapnya yang dapat diikuti:
1. Daftar Akun
- Pertama, silahkan kunjungi laman SIAPkerja Kemnaker atau melalui tautan https://siapkerja.kemnaker.go.id/.
- Setelah itu, pilih opsi "Masuk" di sudut kanan atas.
- Apabila sudah memiliki akun, cukup login dengan email dan kata sandi yang digunakan. Jika belum punya, pilih opsi "Daftar Sekarang".
- Kemudian, lengkapi biodata yang diminta seperti NIK dan nama ibu kandung.
- Setelah validasi berhasil, sistem nantinya mengarahkan ke laman aktivasi akun.
- Ikuti prosesnya sampai selesai.
2. Melengkapi Profil
Nah, setelah akun berhasil dibuat, Anda masih harus melengkapi data pribadi. Berikut panduannya:
BACA JUGA:Jadwal BSU Kemnaker 2025 Cair ke Rekening Pekerja
- Unggah foto dan lengkapi biodata
- Lalu, isi pengalaman kerja (jika ada) dan riwayat pendidikan
- Bisa juga menambahkan pelatihan yang pernah diikuti, keahlian, serta sertifikasi yang dimiliki
- Setelah profil lengkap, Anda akan diarahkan ke dashboard akun SIAPkerja. Silahkan gunakan sesuai kebutuhan.
Sederet Fitur Utama di SIAPkerja
Platform SIAPkerja memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna. Berikut ini di antaranya:
- Karirhub, menyediakan informasi seputar lowongan kerja dari berbagai sektor.
- Skillhub, memfasilitasi pelatihan atau peningkatan kompetensi kerja, baik teknis maupun non-teknis.
- Sertihub, layanan informasi sertifikasi kerja sesuai standar nasional/internasional.
- Bizhub, mendukung program kewirausahaan dan pengembangan usaha melalui Tenaga Kerja Mandiri (TKM).
- Talenthub, menghubungkan talenta potensial dengan perusahaan melalui pelatihan dan pemetaan kompetensi.
BACA JUGA:Penuhi 64 Kriteria, Jasa Raharja Terima Sertifikasi SMK3 dari Kemnaker RI
Demikian ulasan mengenai cara daftar program SIAPkerja Kemnaker.