Pelayanan pada UPT Disdukcapil Cilacap Tak Maksimal, Ini Upaya yang Dilakukan Dinas

Selasa 17-06-2025,11:07 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Baru-baru ini ada aduan masyarakat terkait pelayanan yang kurang optimal pada Unit Pelayanan Teknis (UPT) Disdukcapil Kabupaten Cilacap. 

Atas kondisi itu, Kepala Tata Usaha UPT Jeruklegi Aji Wahyu saat ditemui Radarmas mengatakan, pihaknya berusaha optimal dalam melakukan pelayanan namun masih saja terdapat permasalahan. 

"Kalau cetak E-KTP memang kita ikuti dinas induk. Jadi kita hanya mendapatkan plot saja. Jika sudah habis, maka kita arahkan ke Dinas Induk," katanya, Senin (16/6/2025).

Kemudian terkait kepengurusan dokumen lainnya pihaknya berusaha untuk maksimal bahkan mengedepankan empati selama tidak menabrak aturan yang berlaku. 

BACA JUGA:Serapan Kartu Identitas Anak Rendah, Ini Upaya Disdukcapil Cilacap

"Selama aturannya serta berkas-berkas lengkap, kita tetap berupaya untuk melayani dan tentunya masih dalam jam kerja," tandasnya. 

Meski demikian, masih saja terdapat permasalahan jika dihadapkan dengan pendaftaran secara online karena biasanya masyarakat tidak paham serta pelayanan pun kadang tidak memberikan arahan. 

"Kita di pelayanan pun kadang kurang memberikan arahan kepada masyarakat, itu juga jadi masalah maka kita juga akan berusaha memperbaiki sistem pelayanan dengan mengedepankan humanisme dan empati," lanjutnya. 

Atas kondisi itu, pihaknya memohon maaf kepada masyarakat atas pelayanan yang kurang maksimal tentunya akan diimbangi dengan pelayanan maksimal kepada masyarakat. 

"Kita akan perbaiki baik dari sarpras serta SDM kami, semoga kedepan kita tetap dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat," pungkasnya. (jul) 

Kategori :