Jangan Beli Motor Bekas yang Sudah Dimodifikasi pada Bagian ini, Belum Tentu Sesuai

Selasa 26-11-2024,15:33 WIB
Reporter : Feni Amelia
Editor : Puput Nursetyo

Sistem kelistrikan bertanggung jawab dalam penyaluran arus listrik ke setiap komponen yang membutuhkan daya listrik.

BACA JUGA:5 Kelemahan Motor Bekas Yamaha Mio M3, Apa yang Perlu Anda Ketahui?

BACA JUGA:5 Kelebihan Motor Bekas Yamaha Mio M3, Pilihan Terbaik dengan Harga Murah Hanya 8 Juta

Apabila komponen kelistrikan bermasalah, berbagai fungsi penting pada motor berisiko terganggu.

Banyak kasus motor modifikasi bekas justru memiliki permasalahan yang sangat berbahaya, misalnya kabel bawaan yang dipotong secara asal.

Akibatnya, kelistrikan menjadi konslet dan memicu sekring menjadi terbakar. 

Selain itu, terdapat kasus lain yang salah memasang lampu projie hingga menyebabkan komponen ECU, throttle body, dan berbagai sensornya rusak.

BACA JUGA:Cara Mengurus STNK Motor Bekas yang Hilang, Segini Biaya yang Harus Disiapkan

BACA JUGA:Beli Motor Bekas BPKB Only Worth It atau Tidak? ini Risiko yang Harus Diketahui

Jika terjadi hal tersebut, pemilik motor tentu harus mengganti semua komponen dengan yang baru.

Adapun total biaya perawatannya sangat besar mencapai Rp6 juta. 

Bila pembeli motor bekas tidak paham hal demikian, tentunya ini tidak hanya membahayakan keselamatan di jalan, tetapi juga membutuhkan budget besar bahkan bisa saja melebihi dari harga motor bekas tersebut.

Oleh karena itu, sebelum membeli motor bekas yang sudah dimodifikasi, alangkah baiknya untuk memeriksa kondisi kelistrikan dengan cermat dan pastikan tidak adanya komponen yang dimodifikasi. (fam/*)

Kategori :