Pengangguran di Wangon Tembus 300 Orang

Jumat 18-10-2024,18:21 WIB
Reporter : Yudha Iman Primadi
Editor : Ali Ibrahim

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID - Angka pengangguran di Kecematan Wangon menembus angka 300 orang.

Mengatasi angka pengangguran di Kecamatan Wangon tersebut, Pemda Banyumas bersama SMK Ma'arif NU 1 Wangon sebagai SMK PK atau pusat keunggulan menggelar job fair dengan target menjaring sebanyak 1.500 pencari kerja.

Kepala SMK Ma'arif NU 1 Wangon, Mukhtarom mengatakan dalam dua hari pelaksanaan job fair pada Rabu (16/10) dan Kamis (17/10), dari target sebanyak 1.500 pencari kerja yang terjaring di hari pertama job fair sudah terpenuhi sebanyak 1.000 pencari kerja. Dibuka untuk umum, pada hari kedua job fair pendaftar masih mengalir dari para lulusan dan calon lulusan SMK Ma'arif NU 1 Wangon.

"Kami mengundang sebanyak 20 perusahaan untuk berpartisipasi dalam job fair perdana SMK Ma'aruf NU 1 Wangon. Alhamdulillah tercapai sesuai target," katanya.

BACA JUGA:Pengangguran Masih Banyak, Pemkab Cilacap Alokasi Anggaran untuk Tangani Pengangguran

BACA JUGA:Angka Pengangguran Masih Tinggi, Pemkab Cilacap Geliatkan Iklim Investasi

Disinggung mengenai angka pengangguran di wilayah Kecamatan Wangon, data dari pihak kecamatan ada sekitar 300 orang. Angka tersebut merupakan orang-orang di usia produktif yang benar-benar belum mempunyai aktivitas untuk memdapatkan uang termasuk dengan berwirausaha. Harapannya dengan telah dilaksanakannya job fair di SMK Ma'arif NU 1 Wangon dapat menekan angka pengangguran tersebut.

"Tidak bekerja bukan otomatis dikatakan pengangguran. Tidak sedikit orang yang bekerja dari rumah untuk berwirausaha," terang dia.

Dilanjutkannya di luar job fair, SMK Ma'arif NU 1 Wangon memiliki Bursa Kerja Khusus (BKK) untuk menyalurkan lulusannya. Dari empat jurusam yaitu Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Manajemen Perkantoran, Farmasi dan Akuntansi, Farmasi menjadi jurusan yang saat ini  menjadi yang paling sedikit peserta didiknya dari total 800 lebih pesetta didik.

BACA JUGA:5.480 Lowongan Kerja Dibuka untuk Kurangi Pengangguran di Banjarnegara

BACA JUGA:Angka Pengangguran di Banyumas Tinggi, 58 Ribu Orang Berjuang Mencari Pekerjaan

"Lainnya di tiga jurusan merata," pungkas Mukhtarom. (yda)

Kategori :

Terkait