Waspada Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan

Jumat 18-10-2024,15:10 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Laily Media Yuliana

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat, agar waspada adanya cuaca buruk yang berpotensi terjadi hingga tiga hari kedepan.

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo mengatakan, peringatan dini pada beberapa wilayah di Kabupaten Cilacap dan sekitarnya, untuk meminimalisir dampak negatif dari kondisi alam tersebut.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang bisa disertai petir, kilat, dan angin kencang di Kabupaten Cilacap, berpotensi selama periode 19 Oktober hingga 21 Oktober 2024 mendatang," katanya.

Menurutnya, fenomena tersebut disebabkan aktivnya MJO di wilayah Indonesia. Kemudian adanya wilayah pertemuan massa udara (konvergen) di wilayah tengah dan timur Jawa Tengah.

BACA JUGA:Masyarakat di Kabupaten Cilacap Diminta Waspada Terhadap Cuaca Ekstrem

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem Melanda Cilacap, Waspada Gelombang Tinggi dan Suhu Udara Dingin

"Kelembapan udara pada berbagai ketinggian yang cenderung basah, berpotensi meningkatkan pembentukan awan konvektif (cumulonimbus) yang menjulang hingga ke lapisan atas," kata Teguh.

Selain itu, kondisi labilitas udara yang kuat di wilayah Jawa Tengah serta angatnya suhu permukaan air laut di Laut Jawa bagian utara dan selatan menyebabkan meningkatnya potensi cuaca ekstrem.

"Potensi hujan ini hampir berpotensi di wilayah Banyumas Raya, kami menghimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem tiga hari kedepan yang mungkin dapat menyebkan bencana hidrometeorologi," ujar Teguh.

Kategori :