Inilah Hal-hal yang Menyebabkan Lampu Motor Matic Putus

Rabu 16-10-2024,04:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

BACA JUGA:Bayar Rp900 Ribu per Bulan, Kredit Motor Matic Honda Beat Sporty Deluxe Smartkey Tawarkan Tenor hingga 3 Tahun

BACA JUGA:Yamaha TMAX 560, Motor Matic Sporty dengan Body Lebar Dijamin Bikin Nyaman Selama Berkendara

Meskipun, pada kemasan bohlam tertera sesuai dengan spesifikasi pabrik, tetapi bisa saja bohlam tersebut palsu (KW) atau tidak sesuai dengan spesifikas sepeda motor matic.

Usia pemakaian bohlam palsu tentu saja berbeda dengan bohlam yang sesuai dengan spesifikasi pabrik (asli). Bohlam palsu memiliki usia yang lebih pendek (sekitar 1-2 bulan) dan mudah putus daripada bohlam yang asli.

2. Kerusakan pada Fitting 

Jika lampu telah diganti dengan yang baru tetapi dalam pemakaian 1-2 bulan sudah putus, periksa pada bagian fitting atau soket lampu.

BACA JUGA:Cicilan Mulai Rp600 Ribu, Begini Simulasi Kredit Motor Matic Honda Scoopy FI Sporty eSP di BCA

BACA JUGA:Perkiraan Biaya Servis Motor Matic Yamaha Gear 125 yang Dikeluarkan Selama Tiga Tahun Pemakaian

Kondisi fitting yang tidak bagus atau sudah terbakar akan membuat lampu sepeda motor matic cepat putus.

3. Kerusakan pada Kiprok

Kiprok merupakan komponen sepeda motor matic yang menstabilkan arus listrik, sehingga ketika kiprok rusak, maka akan mengganggu arus listrik yang seharusnya dialirkan ke bohlam.

Arus listrik kiprok yang terlalu besar tidak dapat membuat penerangan bohlam motor matic semakin cerah/terang. Sebaliknya, arus listrik akibat kiprok yang rusak justru akan memicu bohlam mengalami konsleting hingga putus.

4. Masalah pada Kabel Motor Matic

Lampu motor yang mudah putus juga bisa disebabkan oleh adanya permasalahan pada kabel-kabel di sepeda motor matic.

Kabel pada kelistrikan motor yang mengalami konsleting dapat menyebabkan lampu motor matic rusak akibat arus yang terlalu tinggi atau tidak stabil.

Dengan demikian, pemilik sepeda motor matic perlu melakukan pengecekan pada sistem kelistrikan motor di tempat service pilihan.

Hal tersebut bertujuan selain untuk mengetahui penyebab lampu motor putus, juga sekaligus mengatasi kondisi lampu yang sudah putus atau mati. 

Itulah lima hal yang yang menyebabkan lampu motor matic sering mengalami putus yang harus pengendara ketahui. (fah)

Kategori :