Tiga Mahasiswa Keperawatan UMP Lolos Program Magang MBKM di Jepang

Rabu 09-10-2024,19:49 WIB
Reporter : Tegar Roli
Editor : Ali Ibrahim

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.CO.ID - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP). Tiga mahasiswa semester lima dari Program Studi Ilmu Keperawatan S1, yaitu Tsabita Safa Sabila, Syafira Tita Salsabilla, dan Yanof Al Quraeni, berhasil lolos dalam program Magang MBKM di Jepang. Ketiganya akan menjalani program magang di Uehara Company, Miyazaki-Ken, Jepang, sebagai bagian dari batch kedua yang diberangkatkan oleh UMP.

Program magang ini merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Sebelumnya, UMP telah mengirimkan mahasiswa magang batch pertama di Jepang yang ditempatkan di Hakuaikai Care Service Center, Aomori, Jepang. Keberhasilan ini menunjukkan konsistensi UMP dalam memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswanya untuk mendapatkan pengalaman kerja internasional di bidang keperawatan.

“Kesempatan ini tidak hanya akan memperkaya keterampilan teknis mereka, tetapi juga membuka peluang baru dalam memahami perbedaan budaya dan standar profesional di tingkat global. Kami sangat bangga dengan prestasi mereka,” ujar Kaprodi Ilmu Keperawatan UMP Ns. Meida Laely Ramdani, S.Kep., MNS, Rabu (9/10/2024).

Dalam program ini, ketiga mahasiswa akan mendalami praktik keperawatan, berinteraksi dengan para profesional kesehatan, serta memahami teknologi dan prosedur medis yang digunakan di Jepang. Pengalaman magang ini diharapkan dapat menjadi bekal yang berharga bagi mereka ketika kembali ke Indonesia dan memulai karier di dunia kesehatan.

“Prestasi Tsabita, Syafira, dan Yanof menunjukkan komitmen UMP dalam mendukung dan mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi tenaga profesional yang siap bersaing di kancah internasional. Dengan berbagai peluang yang disediakan, UMP terus mendorong mahasiswa untuk berinovasi, berkolaborasi, dan berkompetisi di dunia global,” jelas Meida Laely Ramdani.

Dengan suksesnya pengiriman batch pertama dan kedua ini, UMP semakin memperkokoh perannya sebagai institusi pendidikan tinggi yang berorientasi global dan berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif di tingkat internasional.(tgr)

Tags :
Kategori :

Terkait