KPU Cillacap Mulai Melakukan Penyortiran Bilik dan Kotak Suara Untuk Pilkada

Kamis 03-10-2024,15:06 WIB
Reporter : Julius Purnomo
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cilacap mulai melakukan penerimaan logistik Pemilu yaitu bilik dan kotak suara, tinta serta kabel ties.

Bahkan untuk bilik dan kotak suara, KPU sudah mulai melakukan penyortiran meski untuk kotak suara baru separuh dari kebutuhan untuk Pilkada mendatang.

"Jika mengacu kebutuhan, ada 3.055 TPS. Masing-masing membutuhkan 4 bilik suara, 2 kotak suara, dan 2 botol tinta," kata Ketua KPU Cilacap Weweng Maretno, Kamis (3/10/2024).

Dengan demikian, jumlah bilik suara yang dibutuhkan secara keseluruhan sebanyak 12.220 buah.  Sedangkan untuk kotak suara sebanyak 6.110 buah dan tinta sebanyak 6.110 botol.

BACA JUGA:Dua Anak yang Tenggelam di Pantai Wagir Indah Cilacap Akhirnya Ditemukan, Satu Anak Masih Belum Ditemukan

BACA JUGA:Belum Memenuhi Kuota Pendaftar, Pendaftaran Pengawas TPS di Kabupaten Cilacap Diperpanjang

"Bilik dan kotak suara kemarin sudah mulai kita sortir. Namun, untuk kotak suara baru separuh yang datang," lanjut Weweng.

Seluruh logistik yang telah diterima untuk sementara disimpan di gudang yang berlokasi di Jalan Ketapang, Kelurahan Gumilir, Kecamatan Cilacap Utara. Untuk dilakukan penyortiran oleh internal KPU Kabupaten Cilacap, khususnya untuk bilik dan kotak suara.

"Jika tidak mencukupi logistik lainnya akan disimpan di gedung IPHI dan Gapensi. Untuk surat suara kita sudah mulai lakukan pengadaan surat suara pada tanggal 29 September kemarin," tandasnya.

Sedangkan untuk kebutuhan jumlah surat suara yang dipesan sebanyak 1.555.412 lembar, sesuai dengan daftar pemilih tetap yang sebanyak 1.517.475 orang ditambah 2,5 persen sebagai cadangan.

"Nantinya setelah pencetakan surat suara sudah selesai dan telah kami terima, penyortiran dan pelipatannya akan melibatkan masyarakat," pungkas Weweng. (jul)

Kategori :