7 Penyebab Knalpot Motor Matic Mengeluarkan Bunyi Ledakan Saat Lepas Gas

Selasa 01-10-2024,18:33 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Apabila gas buang sepeda motor matic yang panas bertabrakan dengan udara segar pada saluran pembuangan, dapat terjadi ledakan kecil dan dapat timbul tembakan.

2. Tanda adanya kebocoran

Kebocoran knalpot sepeda motor matic adalah penyebab paling umum dari suara tembakan tersebut. Kebocoran dapat terjadi di berbagai lokasi pada knalpot sepeda motor matic, termasuk sambungan pipa, las, dan muffler.

Kebocoran ini menyebabkan udara luar masuk ke sistem pembuangan sepeda motor matic sehingga menghalangi aliran gas buang dan menimbulkan ledakan kecil yang menghasilkan suara seperti tembakan peluru.

3. Busi sudah rusak

Jika busi sudah aus, kotor, atau tidak memenuhi spesifikasi sepeda motor matic, maka akan terjadi kegagalan busi sehingga menyebabkan pembakaran tidak merata, dan hal ini dapat mengakibatkan gas buang tidak terbakar sempurna.

BACA JUGA:Bagian Motor Matic yang Perlu Rutin di Tune Up

BACA JUGA:Perbedaan Tune Up dengan Service yang Harus Pengguna Motor Matic Pahami

 

Mirip dengan masalah pada saluran mesin sepeda motor matic, gas buang ini dipaksa masuk ke knalpot sehingga menimbulkan suara ledakan kecil saat gas dilepaskan.

4. Bahan bakar tidak murni

Jika campuran bahan bakar terlalu banyak atau terlalu sedikit, dapat terjadi injeksi gas buang.

Campuran bahan bakar yang terlalu banyak menyebabkan gas buang tidak terbakar sempurna, dan campuran yang terlalu kaya menyebabkan mesin motor matic menjadi terlalu panas, sehingga gas buang meledak.

5. Knalpot tidak memenuhi spesifikasi

Memasang knalpot yang tidak memenuhi spesifikasi pada motor dapat menghambat aliran gas buang, dan menimbulkan tekanan balik yang tidak normal. Hal ini menimbulkan ledakan kecil pada gas buang dan mengakibatkan tembakan.

6. Knalpot kotor

Kategori :