Rumah di Banjarnegara Terbakar Akibat Tungku Menyala, Pemilik Tertidur

Senin 30-09-2024,12:43 WIB
Reporter : Pujud Andriastanto
Editor : Susi Dwi Apriani

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Sebuah rumah di Kelurahan Kenteng, Kecamatan Madukara milik Nurohman (60), habis dilalap api pada Senin dini hari (30/9/2024). Kebakaran terjadi setelah pemilik rumah tertidur dengan tungku yang masih menyala saat memasak minyak goreng dari buah kelapa.

Kejadian bermula pada Minggu malam (29/9/2024), sekitar pukul 23.00 WIB, ketika Nurohman tengah menggunakan tungku untuk membuat minyak goreng.

Namun, ia tertidur tanpa mematikan api di tungku tersebut. Sekitar pukul 23.22 WIB, salah satu tetangga melihat kobaran api yang sudah menyala besar dari rumahnya, yang dengan cepat menjalar ke bagian atap.

Warga sekitar langsung berteriak meminta pertolongan sambil berusaha memadamkan api seadanya. Namun, api semakin besar hingga memaksa warga menghubungi pihak berwenang.

BACA JUGA:Penemuan Mayat Bersimbah Darah di Sawah Klampok Gegerkan Warga Banjarnegara

BACA JUGA:Pemkab Banjarnegara Terus Berusaha Menurunkan Angka stunting

Kabid Pemadam dan Pertolongan Satpol PP Banjarnegara, Freana Kusuma mengonfirmasi bahwa tim pemadam kebakaran langsung dikerahkan ke lokasi begitu laporan diterima. 

“Saat tiba di lokasi, api sudah membesar karena banyak benda mudah terbakar di sekitar sumber api,” ujar Freana, Senin (30/9/2024).

Dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk memadamkan api sepenuhnya, dengan bantuan warga setempat.

Api akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 02.35 WIB, Senin pagi (30/9/2024). Meski tidak ada korban jiwa dalam insiden ini, bangunan rumah mengalami kerusakan parah hingga 80 persen.

Akibat kebakaran ini, Nurohman terpaksa mengungsi ke rumah saudaranya sementara waktu.

Total kerugian diperkirakan mencapai Rp 80 juta. Freana juga mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati ketika menggunakan api terbuka, terutama di malam hari, agar kejadian serupa tidak terulang.(jud)

Kategori :