Jangan Sampai Telat Ganti Oli Gardan Motor Matic , Bisa Berbahaya !

Kamis 19-09-2024,18:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Jika dibiarkan, perbaikan transmisi otomatis pada sepeda motor matic bisa memakan biaya yang cukup tinggi. Bahkan biaya perbaikan bisa berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan pembelian oli gardan yang baru.

Oleh sebab itu, meskipun terlihat sepele namun penggantian oli gardan pada sepeda motor matic mempunyai dampak yang signifikan. Maka penting bagi pengguna sepeda motor matic untuk memperhatikan jadwal penggantian oli gardan.

2. Suara Berisik

Saat sepeda motor matic berjalan, beberapa komponen pada transmisi otomatis yang ada di sepeda motor matic akan saling bergesekan.

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! 6 Cara Ampuh Tingkatkan Akselerasi Motor Matic Harian, Meningkatkan Performa Kendaraan

BACA JUGA:Pengendara Wajib Tau, 6 Bahaya Penggunaan Ban Vulkanisir pada Motor Matic, yang Perlu Diwaspadai!

 

Fungsi oli gardan salah satunya adalah untuk meredam suara dan melumasi komponen yang bekerja sehingga gesekan yang terjadi cenderung lebih halus.

Oleh sebab itu, di saat terdengar suara bising saat sepeda motor matic dijalankan menjadi salah satu ciri oli gardan sudah tidak maksimal dalam melakukan fungsi pelumasan.

3. Penurunan Performa

Tentu saja, dampak yang paling mencolok saat telat dalam melakukan penggantian oli gardan adalah penurunan pada performa sepeda motor matic.

Pada kasus ini, sepeda motor matic bisa saja akan mengalami keterlambatan akeselerasi, hingga kecepatan motor yang semakin berkurang. 

Nantinya, kondisi yang demikian bisa mengurangi umur motor yang akan menjadikan sepeda motor matic Anda menjadi kurang nyaman saat dikendarai.

Itulah beberapa dampak yang ditimbulkan akibat telat mengganti oli gardan pada sepeda motor matic Anda. (fah)

Kategori :