Pemkab Purbalingga Hibahkan 17.209 Meter Persegi Tanah untuk Pembangunan Mapolres Baru

Selasa 17-09-2024,11:37 WIB
Reporter : Aditya Wisnu Wardana
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga menghibahkan tanah seluas 17.209 meter persegi kepada Polres Purbalingga. 

Tanah yang berada di Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah tersebut, akan digunakan untuk membangun Mapolres baru, menggantikan Mapolres lama.

Penandatangan hibah tanah dilaksanakan saat kegiatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1446 H/2024, di Lapangan Kelurahan Kalikabong, Selasa, 17 September 2024.

Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto mengatakan, hibah tanah yang diberikan oleh Pemkab Purbalingga adalah kali keempat yang diberikan oleh Pemkab Purbalingga, dibawah kepemimpinan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

BACA JUGA:Produk UMKM Purbalingga Semakin Naik Kelas, Total Hibah Capai Rp 1,3 Miliar

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Gelontorkan Dana Rp 566 Juta untuk Hibah Masjid dan Musala

"Sebelum telah dihibahkan tanah yang saat ini berdiri Mapolres, halaman parkir Polres, serta tanah yang digunakan untuk Polsubsektor Karangjambu," katanya.

Dia menjelaskan, sejak tahun 2001, Polres Purbalingga sudah mendapatkan hibah tanah dari Pemkab untuk dibangun Mapolres baru.

Namun, karena luasnya hanya sekira 6 ribu meter persegi. Sehingga, ketika diajukan anggaran untuk membangun Mapolres baru tidak pernah disetujui.

Tanah hibah dari Pemkab Purbalingga tersebut, saat ini, sudah digunakan untuk membangun Satpas. Pembangunan Satpas tersebut, saat ini masih dalam proses.

BACA JUGA:Terima Hibah Bangunan, Kantor Desa Singasari, Banyumas Bakal Direlokasi

BACA JUGA:Pemprov Jateng Serahkan Dana Hibah Pilkada Rp 985 Miliar

2001 hibah tanah pembangunan polres tidak pernah disetujui untuk polres karena luas tidak cukup

Dia menjelaskan, tanah yang dihibahkan Pemkab di Kelurahan Kalikabong rencananya akan dibangun Mapolres baru.

Sebab, luas tanah Mapolres lama sudah tidak representatif. Sehingga,membutuhkan lahan yang lebih luas lagi untuk melayani masyarakat lebih baik lagi.

Kategori :