Penyebab Tarikan Motor Matic Berat dan Cara Mengatasinya

Kamis 12-09-2024,14:11 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.CO.ID - Tarikan motor matic berat dapat mempengaruhi kualitas pengendaraan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari masalah sistem bahan bakar hingga bagian mesin yang rusak.

Permasalahan seperti ini tidak dapat diabaikan karena mempengaruhi performa sepeda motor matic secara keseluruhan. Jika tidak ditangani, kerusakannya akan semakin parah.

Masalah ini tidak hanya terjadi pada kendaraan sepeda motor matic yang sudah tua, tetapi juga pada semua jenis sepeda motor matic yang tidak dirawat dengan baik.

Meskipun sepeda motor matic masih baru atau dalam kondisi bagus, masih banyak sepeda motor matic yang pegangan throttle-nya menjadi berat saat dikendarai. Jika hal ini terjadi, segera periksa dan identifikasi penyebab masalahnya.

Penyebab Tarikan Motor Matic Berat

Tarikan sepeda motor matic yang berat dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Di bawah ini adalah beberapa penyebab tarikan sepeda motor matic berat yang perlu diperhatikan dan dihindari.

1. Filter Udara Kotor

Filter udara sepeda motor matic yang kotor dapat menyebabkan aliran udara mesin yang kuat. Kotoran menyulitkan udara masuk ke mesin sehingga menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

2. Karburator Kotor atau Injeksi Kotor

Untuk sepeda motor matic dengan karburator, karburator yang kotor berarti campuran udara dan bahan bakar tidak maksimal.

BACA JUGA:Kaki Rileks, Dompet Nggak Tekor! Harga Motor Matic Yamaha Nmax Cuma Rp 30 Jutaan

BACA JUGA:7 Cara Memperbaiki Lampu LED Motor Matic Agar Kembali Bersinar Terang

 

Sebaliknya, injektor mesin sepeda motor matic injeksi yang kotor dapat menyebabkan semprotan bahan bakar tidak merata. Hal ini menyebabkan pembakaran tidak sempurna.

3. Pompa Bahan Bakar Lemah

Kategori :