Apa Itu Throttle Body pada Motor Matic Injeksi ? Simak Pemahamannya di Sini

Minggu 01-09-2024,05:51 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Katup throttle adalah katup gas yang fungsinya mengontrol jumlah udara yang masuk ke intake manifold. Saat Anda menekan pedal gas sepeda motor matic, saluran yang dilalui aliran udara terbuka dan tertutup.

BACA JUGA:Dana Rp1 Juta Bisa Kredit Motor Matic Vario 125 Bekas Seri 2023, Cicilan Murah!

BACA JUGA:Ingin Atur Jam Motor Matic PCX 160 Sendiri? Begini Caranya, Mudah Tanpa Perlu Dibawa ke Bengkel

Selain menghasilkan energi, pembakaran juga menghasilkan residu karbon yang lama kelamaan menumpuk dan menyumbat saluran.

Seiring berjalannya waktu, kotoran tersebut membentuk kerak dan melekat erat pada katup kupu-kupu throttle body sepeda motor matic.

Jika katup tidak menutup sempurna karena kotoran, udara tidak dapat terdistribusi sempurna. Pengotoran juga dapat terjadi karena filter terkontaminasi berat oleh residu dari udara yang disaring. 

Jika filter sepeda motor matic Anda sudah sangat kotor, maka sebaiknya sudah harus diganti. Sementara itu, jika throttle bodynya yang kotor, maka Anda bisa membersihkan throttle body yang kotor tersebut.

Cara Merawat Throttle Body

Throttle body dilengkapi dengan beberapa sensor antara lain sensor suhu, sensor tekanan barometrik, dan sensor posisi throttle alias TPS (throttle position sensor).

BACA JUGA:Nih 7 Daftar Harga Motor Matic Murah dan Irit Bensin, Cocok Banget Buat Mahasiswa Akhir!

BACA JUGA:7 Motor Matic Murah yang Cocok untuk Driver Shopee Food

Namun, tidak semua motor matic injeksi memiliki semua sensor tersebut. Beberapa orang berpendapat, kehadiran sensor ini, throttle body tidak perlu terlalu sering dibersihkan untuk menghindari kerusakan pada sensor.

Cara membersihkan throttle body

1. Bagian throttle body yang cepat kotor adalah filter udara. Oleh karena itu, filter udara harus diganti setiap sepeda motor matic telah menempuh 10.000 hingga 15.000 km.

2. Jumlah sensor pada mesin berbeda-beda. Silakan periksa fungsi sensor di bengkel terpercaya. Perawatan throttle body dapat dilakukan setiap tiga bulan sekali atau berdasarkan rekomendasi pabrik sepeda motor matic.

3. Pembersihan throttle body dapat dilakukan dengan menggunakan pembersih throttle body yang disemprotkan pada bukaan komponen pada saat mesin sepeda motor matic hidup.

Kategori :