Rumah di Susukan Banjarnegara Habis Terbakar, Penyebab Diduga Kompor yang Lupa Dimatikan

Selasa 27-08-2024,15:55 WIB
Reporter : Pujud Andriastanto
Editor : Susi Dwi Apriani

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Musibah kebakaran melanda sebuah rumah di Dusun Muntang, Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Selasa pagi (27/8/2024). Rumah milik Rizah ludes terbakar, setelah diduga pemilik rumah lupa mematikan kompor setelah memasak.

Kejadian tersebut berawal sekitar pukul 06.45 WIB, ketika Rizah bersama anaknya sedang memasak untuk keperluan sehari-hari.

Setelah selesai memasak, mereka meninggalkan rumah tanpa mematikan kompor yang masih menyala. Sekitar 15 menit kemudian, pukul 07.00 WIB, Warto, tetangga yang tinggal di dekat rumah Rizah, melihat kepulan asap yang berasal dari dapur rumah tersebut.

“Api dengan cepat menyebar dari dapur ke seluruh bagian rumah, termasuk ruang tengah, kamar belakang, hingga teras samping rumah yang sebagian besar dindingnya terbuat dari papan kayu,” jelas Warto.

BACA JUGA:Petani Banjarnegara Berinovasi Ciptakan Cascara, Teh yang Dibuat dari Kulit Buah Kopi

BACA JUGA:Diperkirakan Perputaran Uang Dieng Culture Festival 2024 Selama Tiga Hari Mencapai Rp 50 Miliar

Warga sekitar yang melihat kobaran api, segera berteriak meminta pertolongan dan menghubungi petugas pemadam kebakaran.

Tim pemadam kebakaran yang tiba di lokasi, berupaya keras memadamkan api yang sudah menjalar ke seluruh bagian rumah.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 08.00 WIB, setelah satu jam lebih tim berjibaku dengan si jago merah.

Camat Susukan, Suroso membenarkan adanya peristiwa kebakaran ini. "Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun kerugian materi diperkirakan mencapai Rp 150 juta," ujar Suroso.

Hingga saat ini, tim dari pemadam kebakaran dan petugas terkait masih melakukan pemeriksaan di lokasi kejadian untuk memastikan penyebab pasti kebakaran.

Peristiwa ini menjadi pengingat bagi semua pihak untuk selalu berhati-hati dan memastikan peralatan dapur, terutama kompor, sudah benar-benar dimatikan sebelum meninggalkan rumah. (jud)

Kategori :