Penting! Inilah Cara Menghidupkan Motor Matic Vespa yang Mogok

Selasa 27-08-2024,14:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

1. Baterai

Hal pertama yang perlu Anda periksa adalah apakah baterai dalam keadaan baik atau mati. Cara konfirmasinya sangat sederhana. Pastikan kunci sepeda motor matic Vespa menyala dan tekan tombol klakson.

Bila klakson berbunyi berarti aki dalam keadaan baik. Selain itu, Anda juga bisa menyalakan lampu depan. Jika lampu depan menyala dan berfungsi dengan baik, dapat dipastikan baterainya juga dalam keadaan baik.

2. Saklar Standar

Penyebab lain sepeda motor matic Vespa rusak adalah saklar standar. Seperti sepeda motor matic lainnya, standar Vespa matic ini didesain sedemikian rupa sehingga kendaraan tidak dapat dihidupkan dalam kondisi normal.

BACA JUGA:Cara Berkendara yang Dapat Merusak Motor Matic, Simak Selengkapnya!

BACA JUGA:Jagoan Touring! Alasan Mengapa Motor Matic Nmax Turbo Cocok untuk Perjalanan Jauh

 

Turunkan sakelar standar ke kondisi normal dan hidupkan ulang mesin untuk memastikan sakelar standar berfungsi dengan baik. Sakelar standar mungkin mengalami masalah karena tidak dapat kembali ke posisi semula.

3. Sinyal Immobilizer

Sinyal immobilizer yang berkedip atau lampu merah di dekat speedometer juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada Vespa matic. Idealnya, lampu hanya menyala sebentar lalu padam. 

Namun, jika lampu merah terus berkedip, mungkin ada masalah. Diduga ada masalah pada transfer kunci ke ECU (electronic control unit) sehingga otomatis sepeda motor matic Vespa rusak.

4. Sekring

Terakhir, pengemudi juga dapat mencentang kotak sekring yang terletak di laci kanan depan. Buka penutup sepeda motor matic Vespa dan lepaskan sekring kedua dari kanan dengan tang.

BACA JUGA:Efek Negatif dari Telat Mengganti Oli Mesin Motor Matic, Jangan Sampai Terjadi!

BACA JUGA:Perbandingan Motor Matic Honda PCX dengan Yamaha Nmax Turbo: Siapa Pemenangnya?

Kategori :