RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sepeda motor matic Yamaha Lexi LX 155 2024 telah mengalami pembaharuan pada bagian mesin, selain tampilan, berbagai fitur, dan desain yang diperbarui.
Bahkan bisa dibilang mesin sepeda motor matic ini merupakan 155 Blue Core yang lebih baru atau generasi ketiga dibandingkan sepeda motor matic Yamaha Aerox 155 atau Yamaha NMax.
Salah satu perbedaannya adalah chain tensioner keteng yang kini menggunakan sistem hidrolik. Oleh karena itu, jalur oli baru telah dibuat di bak mesin motor matic dan blok silinder untuk mengarahkan oli ke tensioner hidrolik.
Perubahan lainnya menyangkut desain camshaft, piston, dan kepala silinder sepeda motor matic. Tujuannya untuk meningkatkan performa mesin Yamaha Lexi LX 155 dan meminimalisir getaran.
Saat pertama kali dicoba, getaran mesin sepeda motor matic Yamaha Lexi LX 155 justru terasa minim.
Bandingkan dengan sepeda motor matic Yamaha Aerox 155 dan Yamaha NMax baik di jelajah maupun throttle mesin meraung, tapi lebih senyap, apalagi saat throttle terbuka lebar.
Keistimewaan Mesin Yamaha Lexi LX 155
Spesifikasi mesin baru pada sepeda motor matic Yamaha Lexi LX 155 ini serupa karena menggunakan VVA, 4 katup, SOHC berpendingin air atau radiator, Blue Core.
BACA JUGA:Harga Beda Jauh Antara Motor Matic Yamaha Xmax Connected vs Honda Forza, Mana yang Lebih Tangguh ?
BACA JUGA:Merayakan Kemerdekaan Indonesia dengan Menggunakan Motor Matic Vespa Batik: Simak Keunggulannya!
Diameter piston 58 mm dan panjang langkah 58,7 mm, sehingga perpindahan murninya adalah 155,09 cm3 dan piston tersebut menghasilkan rasio kompresi yang ditetapkan sebesar 11,6:1.
Mesin baru ini memiliki tenaga maksimal yang sama dengan sepeda motor matic Yamaha Aerox 155 dan Yamaha NMax, yakni 15,3 tenaga kuda pada 8.000 rpm.
Namun terlihat ada perbedaan mengenai torsi maksimum. Torsi maksimum sepeda motor matic Yamaha Lexi LX 155 lebih tinggi: 14,2 Nm pada 6.500 rpm.