Benar Atau Tidak! Sistem Baterai Swap Mulai Tergeser di Era Motor Listrik Modern

Rabu 14-08-2024,04:49 WIB
Reporter : Oktaliana Listia
Editor : Susi Dwi Apriani

Di beberapa negara atau wilayah di mana infrastruktur pengisian cepat masih terbatas, sistem baterai swap dapat menjadi alternatif sementara yang memungkinkan adopsi kendaraan listrik tetap berjalan.

Ini bisa menjadi solusi sementara sambil menunggu pengembangan infrastruktur pengisian cepat yang lebih luas.

3. Kendaraan Ringan atau Skuter Listrik

Untuk skuter listrik atau kendaraan ringan yang digunakan untuk jarak pendek, sistem baterai swap mungkin masih menarik. Baterai untuk kendaraan ini cenderung lebih kecil dan lebih mudah diganti, sehingga sistem swap bisa lebih praktis dan ekonomis.

BACA JUGA:7 Kelebihan Motor Listrik Murah Exotic Vito, Pilihan Terbaik Hanya 5 Jutaan dengan Subsidi

BACA JUGA:Motor Listrik TVS iQube ST Tawarkan 2 Pilihan Daya Baterai, Siap Ngacir hingga 100 KM

Sistem baterai swap yang dulu dianggap sebagai solusi revolusioner dalam industri kendaraan listrik kini mulai tergeser oleh perkembangan teknologi baterai dan infrastruktur pengisian cepat.

Meskipun sistem ini menawarkan kemudahan dan efisiensi, terutama dalam hal waktu pengisian, tantangan seperti biaya infrastruktur, kurangnya standarisasi, dan perubahan preferensi pengguna membuat sistem ini kurang relevan di era motor listrik modern.

Namun, bukan berarti sistem baterai swap sepenuhnya usang. Dalam situasi tertentu, seperti untuk kendaraan komersial atau di daerah dengan infrastruktur terbatas, sistem ini masih memiliki peran penting.

Ke depannya, evolusi teknologi dan kebutuhan pengguna akan menentukan apakah sistem swap akan tetap bertahan atau sepenuhnya digantikan oleh teknologi pengisian baterai yang lebih canggih dan efisien. (taa)

Kategori :