Motor Matic Yamaha NMAX Turbo Vs NMAX Lama, Manakah yang Lebih Responsif ?

Senin 12-08-2024,14:11 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Setelah sepeda motor matic Yamaha NMAX Turbo rilis, rasa penasaran masyarakat pun akhirnya terbayar lunas. Sepeda motor matic Yamaha NMAX generasi terbaru akhirnya resmi diluncurkan dua bulan silam. 

Tenaga sepeda motor matic Yamaha NMAX Turbo bersaing dengan Yamaha NMAX lawas dalam akselerasi tercepat. Yamaha NMAX Turbo sendiri juga tampil dengan tampilan berbeda dari sepeda motor matic pendahulunya. 

Ada lebih banyak teknologi dan banyak fitur baru yang ditambahkan pada sepeda motor matic Yamaha NMAX Turbo ini. Lalu jika dibandingkan, lebih responsif performa sepeda motor matic Yamaha NMAX Turbo atau Yamaha NMAX lawas ? 

Saat diluncurkanpada bulan Juni 2024 lalu tepatnya pada hari rabu di tanggal 12, sepeda motor matic Yamaha NMAX Turbo menggunakan mesin Blue Core 155 VVA generasi terbaru.

BACA JUGA:Eksklusif! Detail Harga Motor Matic Yamaha Filano 2024 Baru dan Bekas yang Wajib Diketahui

BACA JUGA:Berapa Harga Motor Matic Honda ADV 160, Apakah Tipe CBS Lebih Hemat Daripada Tipe ABS?

Teknologi ini ditujukan untuk mendukung berbagai aktivitas mobilitas pengemudi, baik dalam maupun luar kota alias touring.

Dari segi tenaga, menurut rilis resminya, sepeda motor matic Yamaha NMAX lawas punya output tenaga sebesar 11,3 kW (15,1 HP) pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,9 Nm pada 6.500 rpm.

Torsi maksimum sepeda motor matic Yamaha NMAX Turbo kini 14,2 Nm pada 8.000 rpm. Perbedaan lainnya tentu saja pada teknologi turbo yang mempengaruhi respons mesin sepeda motor matic dan lebih terlihat pada kecepatan rendah.

Perbedaan tersebut tentu saja berkat sistem transmisi otomatis terintegrasi Yamaha Electronic CVT (YECVT) yang menggantikan sistem CVT tradisional pada sepeda motor matic mereka.

BACA JUGA:5 Manfaat Servis Motor Matic di Bengkel Resmi yang Tidak Akan Didapatkan di Bengkel Biasa

BACA JUGA:Beli Motor Matic Yamaha Nmax Turbo Harus Inden, Simak Alasannya!

YECVT sendiri dilengkapi dengan sistem aktuasi yang dikontrol secara elektronik menggantikan fungsi mekanisme gaya sentrifugal. Artinya adalah sepeda motor matic Yamaha NMAX Turbo ini sudah tidak lagi menggunakan roller. 

Perbedaan utama antara sepeda motor matic Yamaha NMAX Turbo dengan NMAX sebelumnya adalah penambahan dua mode berkendara yaitu T mode (city riding) dan S mode (sport touring).

Tombol riding mode ini dapat dikontrol melalui tombol yang dipasang di stang kiri. Teknologi baru yang ada pada sepeda motor matic Yamaha NMAX Turbo adalah Y-Shift yang berfungsi untuk memberikan akselerasi instan.

Kategori :