Fungsi dan Cara Merawat Gearbox pada Motor Matic

Senin 12-08-2024,13:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

BACA JUGA:7 Motor Matic yang Memiliki Performa Mesin Tangguh, Libas Segala Medan!

Cairan transmisi harus diganti secara berkala pada semua kendaraan yang dilengkapi transmisi, tidak hanya pada mobil matic.

Tanpa oli roda gigi berkualitas, komponen di dalam kotak roda gigi rentan terhadap kerusakan dan kegagalan. Sebab setiap kali digunakan, seluruh komponen yang ada di dalamnya mengalami gesekan.

Gesekan yang terjadi memerlukan pelumas berkualitas tinggi agar dapat berfungsi dengan baik. Selama perawatan rutin, pastikan untuk memeriksa apakah cairan transmisi sepeda motor matic perlu diganti.

2. Memilih Oli Kualitas Terbaik 

Oli roda gigi berbeda dengan oli mesin yang biasanya perlu diganti pada setiap servis. Saat mengganti oli roda gigi, periksa kondisi oli lama untuk mengetahui apakah kualitasnya menurun.

BACA JUGA:Perbandingan Harga Motor Matic Honda Beat Deluxe 2024 Baru vs Bekas, Mending Mana?

BACA JUGA:Intip Harga Motor Matic Yamaha Lexi 155 2024, Punya Fitur Smart Motor Generator!

Selain itu, penggunaan oli roda gigi berkualitas tinggi nantinya akan mempengaruhi kinerja gearbox. Minyak khusus harus digunakan dan harus berhati-hati untuk menggunakan jumlah yang benar.

Hindari penggunaan oli bekas karena dapat menimbulkan masalah teknis pada sepeda motor matic di kemudian hari.

3. Pembersihan CVT

Khusus pada sepeda motor matic, performa transmisi sangat erat kaitannya dengan komponen CVT. Untuk perawatannya, tak hanya transmisi saja yang diperhatikan, tapi juga ruang CVT.

Memastikan CVT sepeda motor matic bersih dan bebas dari kotoran dan debu. Artinya, komponen transmisi sepeda motor matic Anda akan bertahan lebih lama dan berfungsi maksimal.

Jika diperlukan pembersihan, mintalah teknisi memeriksa kondisi ruang CVT. Saat melakukan servis sepeda motor matic, selalu tanyakan kepada teknisi tentang kondisi gearbox dan periksa apakah ada masalah.

Itulah informasi tentang fungsi gearbox sepeda motor matic akan dikupas tuntas di sini lengkap dengan cara merawatnya. (fah)

Kategori :