Pengertian dan Fungsi Utama Gearbox pada Motor Matic

Senin 12-08-2024,07:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kecepatan yang dihasilkan oleh sebuah sepeda motor matic tidak hanya pada throttle saja, namun juga pada gearbox. Fungsi transmisi sangat penting untuk mengatur kecepatan kendaraan. 

Transmisi dilengkapi dengan berbagai bagian yang menunjang performa sepeda motor matic agar dapat berlari pada kecepatan yang diinginkan.

Jika sepeda motor matic Anda tidak memiliki bagian persneling, bagaimana cara mengontrol kecepatan sepeda motor matic Anda? 

Di bawah ini adalah pengertian gearbox pada sepeda motor matic Anda dan juga fungsi utamanya.

Pengertian Gearbox Secara Umum

Gearbox sendiri merupakan komponen yang sangat diperlukan dalam dunia industri atau teknik mesin. Secara umum penerapannya tidak terbatas pada sepeda motor matic saja.

BACA JUGA:Jangan Kaget! Harga Motor Matic Yamaha XMax 2024 Turun Drastis, Cek Daftarnya Sekarang!

BACA JUGA:Eksklusif! Detail Harga Motor Matic Yamaha Filano 2024 Baru dan Bekas yang Wajib Diketahui

Fungsi utama komponen ini adalah menyalurkan daya ke mesin yang ingin dipindahkan. Dua alasan utama mengapa gearbox penting adalah karena memperlambat mesin dinamo atau mesin diesel sepeda motor matic.

Alasan kedua adalah untuk meningkatkan daya putar yang diperoleh dari mesin diesel dan dinamo sepeda motor matic.

Oleh karena itu, jika mesin tidak memiliki gearbox, maka tidak dapat mengendalikan tenaga yang dihasilkan oleh mesin diesel atau dinamo motor listrik. 

Fungsi transmisi digunakan pada sepeda motor matic serta mesin konveyor untuk mengangkut barang penumpang di bandara. Kecepatan mesin konveyor dapat diatur melalui gearbox dan dapat diperlambat atau dipercepat.

BACA JUGA:Berapa Harga Motor Matic Honda ADV 160, Apakah Tipe CBS Lebih Hemat Daripada Tipe ABS?

BACA JUGA:5 Manfaat Servis Motor Matic di Bengkel Resmi yang Tidak Akan Didapatkan di Bengkel Biasa

Gearbox sepeda motor matic biasanya digunakan pada mesin pabrik, perikanan, dan pertambangan, dan paling sering digunakan untuk meningkatkan kinerja listrik sepeda motor matic.

Kategori :