Pasar Kroya Cilacap Sudah Dirobohkan, Pertengahan Agustus 2024 Akan Dibangun

Minggu 04-08-2024,10:38 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Cilacap memastikan, Pasar Kroya akan segara dibangun. Rencananya pengerjaan fisik pasar bakal dimulai paling lambat pada pertengahan Agustus 2024. 

Sebelumnya, Pasar Kroya mengalami kebakaran hebat pada Desember 2021. Akibatnya sekitar 300 kios pedagang terbakar. Kini bangunan pasar sebelumnya sudah dibongkar dan rata dengan tanah.

Pj Sekda Cilacap Sujito mengatakan, saat ini pemenang lelang untuk pembangunan Pasar Kroya sudah ada. Pemerintah Kabupaten Cilacap terus berupaya agar pembangunan Pasar Kroya bisa segera dilaksanakan. 

"Sebelumnya kita sudah bertemu Direktorat prasaran strategis di Dirjen Cipta Karya. Dari hasil pertemuan tersebut, pembangunan Pasar Kroya akan tetap dilanjutkan sesuai instruksi Presiden," kata Sujito.

BACA JUGA:Hati-Hati, Kedapatan Buang Sampah Sembarangan di Wilayah Kabupaten Cilacap, Akan Didenda Rp 5 Juta

BACA JUGA:Tingkat Hunian Kamar Hotel Berbintang di Cilacap Mengalami Kenaikan

Sujito mengatakan, pembangunan fisik Pasar Kroya dipastikan paling lambat akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Agustus 2024 ini. 

"Karena ini sudah selesai proses penandatangan kontrak di pusat dari pihak pelaksana perkeja. Sehingga di pertengah bulan Agustus ini akan segera dilaksanakan pengerjaan," katanya. 

Menurutnya, anggaran pembangunan Pasar Kroya bersumber dari APBN dengan pagu Rp 80 miliar. Proses tender sudah selesai yang dimenangkan oleh kontraktor Jakarta senilai Rp 67,4 miliar. 

Sujito menambahkan, jika pembangunan Pasar Kroya belum rampung dikerjakan pada akhir tahun ini, maka akan dilaksanakan secara multi years.

"Jika nanti belum selesai akhir tahun karena ini pengerjaan gedung nanti sudah direncakan multi years oleh Kementerian PU, sehingga tidak terpancang waktu harus selesai akhir tahun," ujar Sujito.

Pasar Kroya akan dibangun sesuai standar nasional Indonesia (SNI) dengan sejumlah fasilitas pendukung serta memiliki 1.424 petak serta fasilitas penunjang lainnya. (ray)

Kategori :