Awal Agustus, Pesisir Cilacap Dihadang Gelombang Tinggi 4 Meter

Kamis 01-08-2024,18:04 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di kawasan pesisir selatan Cilacap  untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi pada awal Agustus ini, Kamis (1/8/2024).

Prakirawan Cuaca BMKG Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan mengatakan, adanya potensi gelombang tinggi tersebut berkisar antara 2,5 meter - 4,0 meter.

"Harap diperhatika bagi masyarakat, karena risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, bagi yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," katanya. 

Dikatakan Rendi, penyebab gelombang tinggi tersebut dikarenakan angin yang berhembus cukup kencang. 

BACA JUGA:Gempa Magnitudo Kecil Kembali Guncang Cilacap

BACA JUGA:Pemkab Cilacap Terus Usulkan Pembangunan Flyover Kroya

Saat ini pola angin di Indonesia bagian utara dominan bergerak dari tenggara - barat daya dengan kecepatan angin 6 - 20 knot. 

"Kemudian untuk wilayah Indonesia bagian selatan umumnya pola angin bergerak dari timur ke tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8 - 25 knot," jelasnya. 

Dia mengingatkan agar masyarakat di pesisir untuk mewaspadai potensi angin kencang, perubahan arah angin, dan peningkatan tinggi gelombang yang terjadi secara tiba-tiba.

"Apabila ada angin kencang dan gelombang tinggi, kami sangat menyarankan kepada nelayan untuk tidak melakukan aktivitas melaut karena sangat membahayakan," ujar Rendi. (ray)

Kategori :