Cara Merawat Suspensi Motor Matic Sendiri di Rumah

Senin 05-08-2024,14:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Suspensi motor matic memiliki peran penting dalam memberikan kenyamanan berkendara. Komponen ini berfungsi meredam guncangan saat melewati jalanan yang tidak rata. Agar performa suspensi tetap optimal, perawatan rutin sangatlah diperlukan. 

Perawatan suspensi secara berkala dapat mencegah kerusakan yang lebih parah dan meningkatkan umur pakai komponen. Selain itu, suspensi yang terawat baik akan memberikan sejumlah manfaat.

Guncangan yang dihasilkan oleh jalanan akan teredam dengan baik. Suspensi yang berfungsi optimal akan membuat motor lebih stabil saat menikung. Suspensi yang dalam kondisi baik akan membantu menjaga keseimbangan pengendara.

Cara Merawat Suspensi Motor Matic Sendiri di Rumah

1. Pembersihan Rutin Suspensi Motor Matic

Idealnya, lakukan pembersihan rutin setiap minggu untuk menjaga suspensi tetap bersih. Jika motor sering digunakan untuk melewati jalanan berlumpur, becek, atau berpasir, pertimbangkan untuk membersihkan suspensi lebih sering. 

BACA JUGA:Keren! Inilah 3 Motor Matic Murah dengan Body Ramping dan Ringan

BACA JUGA:3 Motor Matic Murah dari Honda dengan Body Ramping dan Ringan

Cara Pembersihan:

1. Persiapan

Pastikan motor matic sudah dalam kondisi dingin sebelum memulai pembersihan. Siapkan lap microfiber bersih, sikat berbulu lembut, air sabun, dan semprotan angin (opsional).

2. Proses Pembersihan

Gunakan sikat berbulu lembut untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tabung suspensi, bagian atas, dan bawah. Celupkan lap microfiber ke dalam air sabun, lalu peras hingga tidak terlalu basah. Usapkan lap secara perlahan pada seluruh permukaan suspensi.

Bilas suspensi dengan air bersih untuk menghilangkan sisa sabun. Gunakan lap microfiber kering untuk mengeringkan suspensi. Jika ada celah atau bagian yang sulit dijangkau, gunakan semprotan angin untuk mengeringkannya.

Kategori :