Tutorial Lengkap: Membersihkan Velg Motor Matic Sebelum Dicat

Jumat 02-08-2024,09:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

BACA JUGA:5 Bahan Penghilang Karat pada Velg Motor Matic

Lepaskan ban dengan cara membuka pentil ban dan menggunakan alat pelepas ban. Lepaskan baut pengikat cakram rem menggunakan kunci pas atau kunci T yang sesuai. Lepaskan semua baut atau mur yang menghubungkan komponen lain dengan velg.

3. Bilas dengan Air

Setelah semua komponen terlepas, langkah selanjutnya adalah membilas velg dengan air bersih. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran yang menempel secara kasar sebelum masuk ke tahap pembersihan yang lebih detail.

Arahkan semprotan air ke seluruh permukaan velg, termasuk bagian dalam dan celah-celah. Gunakan tekanan air yang cukup untuk meluruhkan kotoran yang menempel. Bilas hingga seluruh permukaan velg terlihat basah dan sebagian besar kotoran terangkat.

4. Membersihkan dengan Sabun

Setelah membilas velg dengan air, langkah selanjutnya adalah membersihkannya menggunakan sabun. Sabun akan membantu mengangkat kotoran yang lebih membandel seperti minyak, debu, dan sisa-sisa rem.

BACA JUGA:4 Cara Agar Velg Motor Matic Mengkilap

BACA JUGA:15 Cara Mudah Menghilangkan Noda Berkarat pada Velg Motor Matic

Pilih sabun khusus untuk kendaraan atau motor. Sabun ini biasanya mengandung formula yang efektif untuk mengangkat kotoran membandel tanpa merusak permukaan velg motor matic anda.

Basahi seluruh permukaan velg dengan air. Oleskan sabun secara merata menggunakan spons atau kuas. Untuk bagian dalam velg, gunakan kuas dengan bulu yang lebih lembut atau sikat gigi bekas untuk mencapai area yang sulit dijangkau.

Gosok permukaan velg secara perlahan namun teliti. Berikan perhatian khusus pada bagian-bagian yang terlihat kotor atau berkarat. Untuk kotoran yang sangat membandel, Anda bisa mengulang proses penggosokan dengan sabun.

5. Bilas Kembali

Setelah proses penggosokan selesai, bilas kembali velg dengan air bersih. Pastikan tidak ada sisa sabun yang tertinggal, karena sabun dapat meninggalkan residu yang dapat mengganggu proses pengecatan.

BACA JUGA:Awasss! Inilah Bahaya Velg Motor Matic Panas yang Perlu Diwaspadai

BACA JUGA:4 Cara Mencegah Velg Motor Matic Agar Tidak Gampang Panas

Kategori :