Tips Merawat Ban Motor Matic Scoopy Agar Awet

Kamis 25-07-2024,13:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Honda Scoopy merupakan sepeda motor matic yang sangat digemari oleh pengendara Indonesia karena desainnya yang retro dan efisiensi bahan bakar yang baik.

Selain itu, harga ban belakang dan depan sepeda motor matic Scoopy juga terjangkau. Ukuran ban belakang sepeda motor matic Honda Scoopy yaitu 110/90-12. Angka 110mm merupakan lebar tapak ban belakang Honda Scoopy. 

Selanjutnya angka 90 melambangkan aspek rasio ban belakang yang dihitung 90% x 110mm = 99mm. Terakhir, nomor 12 adalah Ring Ekor Honda Scoopy (dalam inci).

Tips Merawat Ban Motor Matic Scoopy

Setelah Anda membeli sepeda motor Honda Scoopy, Anda harus mengikuti tips merawat ban Scoopy di bawah ini untuk menjaga keawetannya:

1. Membersihkan ban secara rutin

Ban sepeda motor matic selain bodi kendaraan juga harus dibersihkan secara rutin untuk menghilangkan berbagai kotoran termasuk celah antara pelek dan ban. Kotoran menciptakan rongga dan memaksa udara keluar dari ban.

2. Mengembang angin dengan benar

Sangat penting juga untuk memompa udara sesuai tekanan yang direkomendasikan pabrikan untuk menghindari tekanan angin ban yang kurang dan mengurangi kenyamanan berkendara.

BACA JUGA:Menakjubkan! Teknologi Canggih pada Motor Matic Freego 125, Kunci Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

BACA JUGA:Harus Tau! Komponen Kelistrikan Motor Matic beserta Fungsinya, Jaga Performa dan Kenyamanan Berkendara

Hal ini juga dapat menyebabkan ban sepeda motor matic cepat pecah dan aus sehingga membahayakan pengemudi.

3. Periksa dan pastikan pentil ban dalam keadaan baik

Perhatikan juga kondisi pentil ban sepeda motor matic. Teteskan air pada pentil ban lalu lihatlah lebih dekat. Jika air jatuh, kebocoran pada katup akan menyebabkan lepuh dan perlu diganti. 

Namun, sebaiknya lakukan hal ini hanya jika ban sepeda motor matic Anda tiba-tiba kempes untuk mengetahui apakah ada kebocoran pada area pentil.

Kategori :