Waktu yang Ideal untuk Memanaskan Mesin Motor Matic

Rabu 24-07-2024,18:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

 

Untuk sepeda motor matic jenis ini, pemanasan selama 3 sampai 5 menit biasanya sudah cukup, terutama pada pagi hari dan saat suhu sedang rendah.

2. Sepeda Motor Matic Injeksi

Mesin sepeda motor matic dengan sistem injeksi bahan bakar mempunyai efisiensi tinggi dan umumnya tidak memerlukan waktu pemanasan yang lama.

Mesin injeksi dilengkapi dengan teknologi yang dapat mengatur campuran udara dan bahan bakar secara otomatis.  Panaskan mesin sepeda motor matic injeksi selama 1 sampai 2 menit untuk memastikan sirkulasi oli di dalam mesin.

3. Faktor Cuaca

Selain jenis mesin sepeda motor, cuaca juga mempengaruhi waktu pemanasan sepeda motor. Pada suhu rendah, mesin membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai suhu optimal.

BACA JUGA:Tips Merawat Smart Key Motor Matic Agar Awet dan Tahan Lama

BACA JUGA:Penyebab Motor Matic Brebet serta Cara Mengatasinya

 

Namun, waktu pemanasan mungkin lebih singkat pada cuaca hangat. Jika Anda berada di daerah dengan suhu yang sangat dingin, sebaiknya lakukan pemanasan sepeda selama 5 menit.

Manfaat memanaskan mesin motor matic sebelum digunakan

Di bawah ini beberapa manfaat memanaskan sepeda motor matic setiap hari sebelum digunakan.

1. Pelumasan Optimal

Pemanasan mesin sepeda motor matic memungkinkan oli mesin bersirkulasi ke seluruh mesin. Hal ini mengurangi gesekan dan keausan pada semua bagian yang bergerak.

2. Peningkatan Kinerja Mesin

Kategori :