Batik Cilacap Belum Memilliki Ciri Khas, Dibuat Berdasarkan Pesanan

Senin 22-07-2024,18:47 WIB
Reporter : Rayka Diah Setianingrum
Editor : Susi Dwi Apriani

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemerintah Kabupaten Cilacap terus mendorong perkembangan batik di Kabupaten Cilacap. Namun demikian, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan, salah satunya adalah Cilacap belum memiliki batik yang dapat menjadi ciri khas.

"Batik kita belum memiliki ciri khas. Saat ini perajin membuat batik sesuai pesanan atau mengakar kiblatnya ke Solo. Sehingga kita punya batik juga motif Wijayakusuma namun mirip dengan Solo," kata Pj Ketua Dekranasda Cilacap, Fitri Awaluddin Muuri.

Dikatakan Fitri, sebelumnya pihaknya telah memberikan bantuan canting cap ke 10 perajin batik di Kabupaten Cilacap. 10 perajin tersebut sebelum merupakan pemenang lomba motif batik Cilacap. 

"Kita memiliki banyak perajin batik, dan pemerintah kabupaten Cilacap memiliki kebijakan bahwa setiap anggaran APBD untuk pengadaan batik wajib hukumnya dibelanjakan kepada perajin batik di Kabupaten Cilacap. Wajib hukumnya batik tersebut dibuat oleh perajin batik Cilacap," ujar Fitri.

BACA JUGA:Peringatan HUT RI Ke - 79, Pemkab Cilacap Akan Hadirkan Band GIGI

BACA JUGA:Gedung IPHI Cilacap Akan Ditambah Fasilitas

Fitri mengatakan, sejak tahun lalu, pihaknya telah mendorong dan mengajak agar seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Cilacap untuk menggunakan batik Cilacap.

Selain itu, batik Cilacap juga selalu menjadi buah tangan jika ada kegiatan kunjungan, maupun tamu dari kabupaten lain.

Dikatakan Fitri, saat ini terdapat sejumlah kendala yang dihadapi oleh perajin batik Cilacap. Salah satunya adanya pesanan dalam jumlah besar, dimana pengerjaan para perajin batik masih dilakukan secara manual.

"Kemarin kita ada pesanan 1.500 lembar, dan 5.000 lembar, karena pengerjaanya secara manual tidak ada mesin printing ini yang menjadi kendala. Batik kita, kita kerjakan dengan cap atau canting, sehingga kedepan semoga ada perajin batik yang memiliki alat printing untuk memenuhi kebutuhan," katanya.

Fitri menambahkan, pihaknya akan terus berupaya untuk ikut membina, membimbing dan ikut mempromosikan batik serta kerajinan di Kabupaten Cilacap termasuk kesenian. (ray)

Kategori :