Simak Nih! 7 Tanda-tanda Throttle Body Motor Matic Perlu Dibersihkan

Rabu 24-07-2024,17:55 WIB
Reporter : Aditya Kurniawan
Editor : Ali Ibrahim

BACA JUGA:Yuk Simak! 7 Rekomendasi Ban Motor Matic yang Cocok Digunakan untuk Harian

Warna asap knalpot yang tidak normal ini, menandakan proses pembakaran yang tidak sempurna. Salah satu penyebab pembakaran tidak sempurna, adalah campuran udara dan bahan bakar yang tidak ideal.  

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kotoran pada throttle body dapat menyebabkan ketidakstabilan campuran udara dan bahan bakar.

Akibatnya, pembakaran tidak bisa berlangsung secara sempurna, sehingga asap knalpot yang keluar menjadi lebih gelap dan pekat.

Contoh: Biasanya, asap knalpot motor matic Anda berwarna putih tipis, namun akhir-akhir ini Anda melihat asap knalpot yang keluar berwarna hitam pekat. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa throttle body Anda perlu dibersihkan.

7. Suara Mesin Kasar

Pernahkah Anda merasakan suara mesin motor matic Anda menjadi lebih kasar dari biasanya?  Nah, kondisi ini juga bisa menjadi tanda bahwa throttle body perlu dibersihkan, suara mesin yang kasar biasanya terjadi karena proses pembakaran yang tidak optimal.

BACA JUGA:Ternyata Ini Loh! 7 Penyebab Kesuksesan Penjualan Motor Matic All New Honda BeAT

BACA JUGA:Yuk Simak! Kelebihan Motor Matic Honda NSS250 2024 Kembaran Honda Forza 250

Seperti yang sudah dijelaskan, throttle body yang kotor menyebabkan ketidakstabilan campuran udara dan bahan bakar. Pembakaran yang tidak optimal ini, dapat menimbulkan suara mesin yang kasar dan tidak halus.

Contoh: Biasanya, suara mesin motor matic Anda terdengar halus dan tidak berisik, namun akhir-akhir ini Anda mendengar suara mesin yang lebih kasar dan berisik. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa throttle body Anda perlu dibersihkan.

Dengan mengetahui tanda-tanda throttle body motor matic perlu dibersihkan, Anda dapat memastikan performa dan efisiensi motor matic Anda tetap optimal. Sehingga perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. (akr)

Kategori :