Tips Menghindari Salah Pilih Oli Motor Matic

Minggu 21-07-2024,05:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Sepeda motor matic seringkali dikendarai dalam kondisi lalu lintas padat seperti perkotaan. Sepeda motor matic beroperasi dalam mode stop-and-go yang menyebabkan mesin sepeda motor matic cepat panas. 

Oleh karena itu, sepeda motor matic membutuhkan oli yang mengandung bahan aditif untuk mencegah terjadinya overheating. Misalnya, oli dengan bahan tambahan molybdenum.

BACA JUGA:Punya Bodi Ramping Namun Kurang Disukai, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha Aerox 125 LC

BACA JUGA:Pengendara Wajib Tau, 6 Bahaya Penggunaan Ban Vulkanisir pada Motor Matic, yang Perlu Diwaspadai!

Oli yang memiliki kandungan bahan tersebut dapat mengurangi gesekan antar komponen di ruang mesin, sehingga mesin sepeda motor matic Anda dapat bekerja lebih mudah dan mengurangi lonjakan suhu mesin.

3. Gunakan oli dengan kekentalan yang sesuai

Untuk mesin sepeda motor matic perlu diperhatikan kekentalan oli yang digunakan. Pilihlah selalu kekentalan oli matic sepeda motor matic anda yang tepat, yaitu tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental.

Rekomendasi kekentalan oli sepeda motor matic tertera pada buku manual.

BACA JUGA:Menakjubkan! Teknologi Canggih pada Motor Matic Freego 125, Kunci Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

BACA JUGA:Kelebihan Motor Matic Suzuki Nex Crossover Dibandingkan dengan Yamaha X-Ride dan Honda Beat Street

 

Agar mesin sepeda motor matic dapat berfungsi lebih efektif, selain kekentalan oli sepeda motor matic juga diperlukan bahan tambahan yang dapat mengurangi gesekan pada ruang mesin.

4. Pilih oli sepeda motor matic bersertifikat

Oli sepeda motor matic yang aman digunakan adalah oli yang telah diuji oleh lembaga pemeriksa kualitas oli. Misalnya, API (American Petroleum Institute) adalah organisasi yang menguji kualitas minyak bumi di negara-negara Barat.

JASO (Japan Automobile Standards Association) saat ini merupakan organisasi yang memeriksa kualitas oli di Jepang. Penggunaan oli yang sudah teruji kualitasnya akan meningkatkan kenyamanan berkendara sepeda motor matic.

BACA JUGA:Ternyata Ini Loh! 7 Penyebab Kesuksesan Penjualan Motor Matic All New Honda BeAT

Kategori :