Waspada! Bahaya Tersembunyi Oli Motor Palsu Bagi Kesehatan Motor Matic Anda

Senin 22-07-2024,05:06 WIB
Reporter : Aditya Kurniawan
Editor : Ali Ibrahim

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bahaya tersembunyi oli motor palsu bagi kesehatan motor matic Anda, dapat menjadi malapetaka bagi performa dan usia pakai mesin.

Motor matic banyak dipilih karena kepraktisan dan kemudahan penggunaannya, Sehingga membuatnya laris manis di pasaran. Namun, tak hanya memilih model dan merek yang tepat,  perawatan berkala seperti penggantian oli juga memegang peranan penting.

Oli berperan sebagai darahnya mesin, melumasi komponen agar mengurangi gesekan, mendinginkan mesin yang bekerja, dan membersihkan kotoran hasil pembakaran.



Sayangnya, maraknya peredaran oli motor palsu di pasaran menjadi ancaman nyata bagi kesehatan motor matic Anda. Oli palsu, yang umumnya terbuat dari bahan berkualitas rendah dan tidak memenuhi standar pabrikan, dapat menimbulkan berbagai masalah serius pada mesin.

BACA JUGA:Wajib Tau! 7 Penyebab Motor Matic Vario 125 Ngempos

BACA JUGA:Waspada! 7 Tanda-tanda Oli Motor Matic Palsu yang Mengintai di Pasaran

Akibatnya, tidak hanya performa mesin menurun, tapi juga bisa berujung pada kerusakan fatal dan biaya perbaikan yang mahal. Mari kita telaah lebih dalam, mengenai bahaya tersembunyi oli motor palsu bagi kesehatan motor matic Anda:

1. Musuh Utama Mesin

Oli asli memiliki kemampuan melumasi yang baik, sehingga mengurangi gesekan antar komponen mesin yang terbuat dari logam. Gesekan yang minim ini mencegah keausan dini pada komponen vital seperti piston, ring piston, dan dinding silinder.

Oli palsu, karena kualitasnya yang rendah, tidak dapat memberikan pelumasan optimal. Hal ini menyebabkan gesekan yang lebih besar antar komponen mesin.

Akibatnya, komponen mesin akan mengalami keausan lebih cepat. Keausan ini dapat ditandai dengan suara mesin yang kasar, tarikan mesin yang berat, dan getaran yang berlebihan.

BACA JUGA:Simak! 7 Keunggulan pada Motor Matic NMAX 125 yang Kuasai Pasar Eropa

BACA JUGA:Ternyata Ini! 7 Alasan Masyarakat Masih Memilih Motor Matic Dibandingkan Motor Listrik

Jika dibiarkan terus-menerus, keausan ini bisa memicu kerusakan fatal yang membutuhkan turun mesin, dengan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

2. Performa Loyo

Oli yang bekerja dengan baik berperan penting dalam menjaga performa mesin. Oli palsu karena tidak mampu melumasi dengan optimal dan membersihkan kotoran secara efektif, dapat menyebabkan berbagai masalah yang menurunkan performa mesin.

Salah satu dampak yang dirasakan adalah mesin menjadi cepat panas. Hal ini disebabkan oleh minimnya kemampuan oli palsu dalam menyerap panas yang dihasilkan oleh mesin saat bekerja.

Mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan tarikan menjadi berat dan tidak responsif. Selain itu, oli palsu juga tidak dapat membersihkan kotoran secara efektif.

BACA JUGA:Terlihat Mewah! 7 Alasan Motor Matic Honda Stylo 160 Tetap Mencuri Perhatian

BACA JUGA:Yuk Simak! 5 Rekomendasi Motor Matic Second di Bawah 5 Juta yang Super Murah

Kotoran yang menumpuk di dalam mesin dapat menghambat kinerja komponen mesin, sehingga berdampak pada penurunan performa secara keseluruhan.

Tak hanya itu, oli palsu juga bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Ini terjadi karena mesin yang tidak dapat bekerja dengan optimal, membutuhkan tenaga ekstra untuk menjalankan fungsinya.

3. Racun bagi Lingkungan

Oli berperan penting dalam pembakaran mesin. Oli yang berkualitas dapat membantu pembakaran menjadi lebih sempurna.

Masalahnya, oli palsu tidak dapat mendukung proses pembakaran secara optimal. Akibatnya, pembakaran menjadi tidak sempurna, dan menghasilkan emisi gas buang yang lebih banyak serta berbahaya bagi lingkungan.

BACA JUGA:7 Kelemahan Membeli Motor Matic Second dengan Harga Murah, Yuk Perhatikan!

BACA JUGA:5 Fitur Unggulan Motor Matic Kymco Like 150i

Gas buang hasil pembakaran yang tidak sempurna ini, mengandung zat-zat berbahaya seperti karbon monoksida (CO) dan hidrokarbon (HC) dalam jumlah yang lebih tinggi.

Karbon monoksida dapat menyebabkan gangguan pernapasan, sedangkan hidrokarbon dapat memicu terbentuknya ozon di permukaan bumi yang berdampak buruk bagi kesehatan dan lingkungan.

4. Bahaya Tak Kasat Mata

Oli yang berkualitas tidak hanya melumasi, tetapi juga memiliki kemampuan membersihkan  kotoran hasil pembakaran. Oli palsu karena tidak memiliki kemampuan pembersihan yang baik, dapat menyebabkan penumpukan kerak pada komponen mesin, seperti piston, ring piston, dan dinding silinder.

Penumpukan kerak ini dapat mengganggu kinerja komponen mesin, partikel kerak yang berukuran kecil dapat menimbulkan goresan pada dinding silinder dan komponen lainnya. Akibatnya, keausan pada komponen mesin akan semakin cepat.

5. Memendekkan Usia Pakai Motor Matic Kesayangan

Penggunaan oli palsu secara terus-menerus, dapat secara drastis memperpendek usia pakai motor matic Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, oli palsu dapat memicu berbagai masalah pada mesin, mulai dari keausan dini, penurunan performa, hingga penumpukan kerak.

BACA JUGA:Jarang Disadari ! Inilah 5 Ciri Seal Klep Motor Matic Bocor

BACA JUGA:Menakjubkan! 7 Kecanggihan pada Motor Matic FKM Venture 180

Akibat akumulasi dari berbagai masalah tersebut, pada akhirnya mesin motor matic Anda tidak dapat lagi berfungsi dengan baik. Hal ini  mengakibatkan motor matic Anda menjadi tidak bisa diandalkan dan membutuhkan perbaikan, atau penggantian komponen yang memakan biaya yang tidak sedikit.

6. Risiko Mogok dan Kecelakaan

Dampak oli palsu tidak hanya dirasakan pada performa mesin dan lingkungan. Penggunaan oli palsu juga dapat membahayakan pengendara di jalan raya.

Kerusakan mesin yang diakibatkan oleh oli palsu, seperti macet atau mogok, dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Hal ini tentu membahayakan pengendara, terutama jika terjadi di jalan yang ramai atau rawan kecelakaan.

Mogok akibat oli palsu dapat menyebabkan pengendara terjebak di situasi yang berbahaya, seperti di tengah kemacetan, jalan yang gelap, atau daerah rawan kriminalitas. Selain itu, mogok juga dapat mengganggu aktivitas dan membuat pengendara terlambat ke tujuan.

7. Kerugian Finansial yang Tak Terduga

Penggunaan oli palsu memang menawarkan harga yang lebih murah. Namun, di balik harga murah tersebut,  tersembunyi kerugian finansial yang jauh lebih besar di masa depan.

BACA JUGA:Intip! 7 Kecanggihan Motor Matic Dragster 700 Twin

BACA JUGA:Hindari! Kebiasaan yang Dapat Membuat Mono Shock pada Motor Matic Gampang Rusak

Kerusakan mesin akibat oli palsu membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit. Biaya ini bisa berkisar dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung pada tingkat kerusakannya.

Biaya ini tentu jauh lebih besar dibandingkan dengan selisih harga antara oli asli dan oli palsu.  Parahnya lagi kerusakan mesin akibat oli palsu, dapat terjadi berulang kali jika Anda tidak segera beralih ke oli asli.

Oli motor merupakan komponen penting bagi kesehatan motor matic Anda. Jangan tergoda dengan harga murah oli palsu yang dapat membahayakan mesin, membahayakan diri Anda di jalan raya, dan  menimbulkan kerugian finansial yang tidak terduga.

Memahami bahaya tersembunyi oli motor palsu bagi kesehatan motor matic Anda, menjadikan Anda pengendara yang cerdas dan bertanggung jawab. Selalu pilihlah oli asli dan berkualitas untuk memastikan motor matic Anda  terawat dengan baik,  berperforma optimal, dan  tahan lama. (akr)

Kategori :