4 Tips Agar Motor Matic Jadi Lebih Hemat BBM

Kamis 18-07-2024,13:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sepeda motor dengan transmisi otomatis atau biasa disebut dengan sepeda motor matic kini semakin membudaya di benak masyarakat.

Popularitas sepeda motor matic tidak lepas dari kemudahan penggunaan dan kenyamanan yang ditawarkannya, itulah sebabnya sepeda motor matic banyak digemari di jalanan.

Namun, selain memiliki keunggulan tersebut, sepeda motor matic juga memiliki kelemahan dalam hal efisiensi bahan bakar dibandingkan sepeda motor jenis lainnya di kelas yang sama.

Fenomena ini terjadi akibat besarnya kehilangan tenaga akibat penerapan mekanisme CVT (continuously variable transmisi). Namun bukan berarti efisiensi sepeda motor matic tidak bisa ditingkatkan.

Tips Agar Sepeda Motor Matic Jadi Lebih Hemat BBM

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar agar sepeda motor matic Anda lebih hemat BBM:

1. Gaya Berkendara yang Efisien

Salah satu faktor utama yang mempengaruhi efisiensi bahan bakar sepeda motor matic adalah gaya berkendara pengendaranya.

BACA JUGA:Ternyata Ini! 7 Alasan Masyarakat Masih Memilih Motor Matic Dibandingkan Motor Listrik

BACA JUGA:Perbandingan antara motor matic Scoopy vs Vespa, Adu Gaya Skuter Matic Retro Terpopuler

Karakteristik performa transmisi otomatis seringkali mengharuskan pengemudi menekan pedal gas lebih keras untuk mencapai akselerasi yang diinginkan.

Sayangnya, operasi ini dapat memboroskan bahan bakar sepeda motor matic. Anda bisa mencoba tingkatkan kecepatan Anda secara perlahan dan mantap.

Hindari akselerasi mendadak dan gunakan kecepatan yang sesuai dan konsisten. Saat Anda mengemudi dengan lebih efisien, Anda akan melihat peningkatan yang signifikan pada jarak penggunaan bahan bakar Anda.

2. Perawatan Mesin Secara Berkala

Kondisi mesin berperan penting dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar pada  motor matic. Lakukan perawatan mesin motor matic secara berkala seperti mengganti filter udara dan membersihkan karburator serta throttle body.

Kategori :