Tips Memilih Pentil Ban yang Tepat untuk Motor Matic

Jumat 19-07-2024,10:51 WIB
Reporter : Ikhwan Adriansyah
Editor : Bayu Indra Kusuma

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pentil ban berfungsi sebagai jalur masuk dan keluarnya udara pada ban. Memilih pentil ban yang tepat sangat penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Berikut beberapa tips memilih pentil ban yang tepat untuk motor matic:

ji

1. Kenali Jenis Pentil Ban untuk Motor Matic Anda

Memilih pentil ban yang tepat sangat penting untuk memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara. Terdapat dua jenis utama pentil ban yang umum digunakan pada motor matic, yaitu:

1. Pentil TR (Tubeless Valve)

Pentil TR (Tubeless Valve) dirancang khusus untuk ban tubeless yang tidak menggunakan ban dalam. Pentil TR memiliki diameter sekitar 11,3 mm, lebih besar dibandingkan pentil Schrader. Hal ini untuk mengakomodasi aliran udara yang lebih besar pada ban tubeless.

Pentil TR dilengkapi dengan karet seal di bagian bawah untuk mencegah kebocoran udara. Karet seal ini memastikan udara tetap berada di dalam ban tubeless dan tidak keluar. Pentil TR hanya kompatibel dengan ban tubeless dan tidak dapat digunakan pada ban tubetype.

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai dari Motor Matic Kymco Racing King 150i

BACA JUGA:Hal-Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Kymco Racing King 150i

2. Pentil Schrader

Pentil Schrader merupakan jenis pentil ban yang lebih umum dan sering digunakan pada berbagai jenis kendaraan, termasuk motor matic dengan ban tubetype. Pentil Schrader memiliki diameter sekitar 8,3 mm, lebih kecil dibandingkan pentil TR.

Pentil Schrader tidak dilengkapi dengan karet seal, sehingga lebih mudah bocor jika tidak dipasang dengan benar. Pentil Schrader kompatibel dengan ban tubetype dan tubeless. Namun, untuk ban tubeless, pentil Schrader memerlukan tambahan karet seal eksternal untuk mencegah kebocoran udara.

Pemilihan jenis pentil ban yang tepat tergantung pada jenis ban yang digunakan pada motor matic Anda. Jika Ban tubeless, maka Gunakan pentil TR (Tubeless Valve), Namun jika Ban tubetype maka gunakan pentil Schrader dan pastikan pentil terpasang dengan benar serta tidak ada kebocoran udara.

2. Pilih Ukuran Pentil Ban yang Tepat untuk Motor Matic Anda

Memilih pentil ban yang tepat tidak hanya tentang jenisnya, tetapi juga ukuran diameternya. Ukuran pentil ban harus sesuai dengan lubang pentil pada velg motor matic Anda untuk memastikan kecocokan dan mencegah kebocoran udara.

Kategori :