Ada 209 Pasien Gangguan Jiwa di Puskesmas Kejobong

Kamis 11-07-2024,13:00 WIB
Reporter : Amarullah Nur Cahyo
Editor : Bayu Indra Kusuma

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Puskesmas Kejobong saat ini masih memiliki pekerjaan rumah menangani 209 pasien gangguan jiwa atau disabilitas mental. Mereka sudah ditangani oleh Puskesmas dan yang dinilai berat ke rumah sakit jiwa.

"Selain pelayanan kesehatan fisik, Puskesmas Kejobong juga memberikan pelayanan kesehatan jiwa bagi orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kecamatan Kejobong," kata Kepala Puskesmas Kejobong, Waryanto, Kamis 11 Juli 2024 saat kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dilaksanakan di lapangan Desa Lamuk Kecamatan Kejobong.

Pihaknya juga selalu memberikan dukungan kepada ODGJ, salah satunya melalui FKD Desa Bandingan yang memberikan santunan.

"Kami juga mengapresiasi predikat Universal Health Coverage (UHC) yang diraih Pemerintah Kabupaten Purbalingga sangat membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Kejobong.

BACA JUGA:ODGJ Bermuka Putih Resahkan Warga Kecamatan Purbalingga

BACA JUGA:Resahkan Warga, ODGJ di Desa Bojanegara Diamankan

"Sekarang masyarakat tidak perlu bingung untuk memeriksakan kesehatannya jika sakit, dengan program UHC sudah bisa teratasi," tambahnya.

Kegiatan Germas meliputi aktivitas fisik berupa senam bersama dan makan buah bersama. Puskesmas Kejobong juga membuka stand PMT, Posbindu PTM untuk pelayanan cek kesehatan gratis, serta stand Donor Darah dari PMI Purbalingga.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, menyampaikan apresiasinya atas capaian Puskesmas Kejobong. Ia juga memberikan semangat dan motivasi langsung kepada seluruh kader kesehatan di Puskesmas Kejobong. (amr)

Kategori :