Komponen yang Wajib Diperhatikan Pengguna Motor Matic

Jumat 12-07-2024,18:31 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Suku cadang sepeda motor matic ini sangat berguna dalam menggerakkan sepeda motor matic anda sehingga mempunyai masa pakai yang lama dan sebaiknya diganti jika rusak.

Umur sabuk V pada umumnya adalah 20.000 hingga 30.000 km berdasarkan standar pabrik. Namun, umur sepeda juga dipengaruhi oleh cara penggunaan sepeda motor matic.

Anda mungkin perlu mengganti V-belt sepeda motor matic Anda lebih cepat sebelum mencapai jarak 20.000 kilometer.

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai dari Motor Matic Vespa GTV

BACA JUGA:Terungkap! 7 Alasan Motor Matic Honda Airblade 160 Jadi Primadona Anak Muda

Dalam penggunaan normal sepeda motor, V-belt tetap dalam kondisi cukup baik hingga jarak 20.000 kilometer.

Apabila kemudian pengemudi mengendarai sepeda motor matic dengan kecepatan tinggi atau kemudi menjadi kaku, maka dalam jangka waktu tersebut dapat diganti sebanyak-banyaknya dua kali.

Saat mengendarai sepeda motor, Anda tidak hanya bisa menilai jarak tempuh, tetapi juga kondisi dan kualitas suku cadang V-belt.

Jika terasa kendor, mungkin sudah saatnya komponen ini diganti.Jika kecepatan tampak tidak wajar atau tidak normal, kemungkinan ada masalah pada komponen V-belt.

BACA JUGA:Cara Merawat Radiator Motor Matic Agar Tetap Awet

BACA JUGA:4 Motor Matic Honda yang Tidak Mengunakaan Rangka eSAF

Pengemudi sepeda motor matic harus memperhatikan dua tanda berikut. Jika Anda melihat gejala-gejala tersebut, sebaiknya periksa kondisi sepeda motor matic Anda.

Ganti komponen V-belt tepat waktu untuk menghindari kerusakan pada komponen sepeda motor matic lainnya.

Keterlambatan perbaikan komponen mesin dapat menimbulkan risiko yang cukup besar terhadap kondisi mesin. Hal ini dapat meningkatkan biaya perbaikan sepeda motor matic Anda.

2. Roller

Komponen selanjutnya adalah roller berbentuk lingkaran kecil. Fungsi komponen sepeda motor matic ini adalah untuk menggerakkan pulley depan.

Kategori :