Cara Menghidupkan Mesin Motor Matic yang Tak Bisa Distarter

Jumat 12-07-2024,14:35 WIB
Reporter : Fahma Ardiana
Editor : Laily Media Yuliana

Coba nyalakan lampu depan atau klakson Anda dan lihat apakah berfungsi dengan baik. Jika lampu atau klakson Anda berbunyi redup atau tidak berfungsi, aki sepeda motor matic Anda mungkin perlu diisi atau diganti.

3. Periksa sambungan baterai

Pastikan kabel aki motor Anda yang menghubungkan terminal positif dan negatif tersambung dan tidak kendor. Periksa apakah terminal aki tersebut kencang dan tidak ada korosi pada terminalnya. 

Jika terdapat korosi, bersihkan dengan sikat logam atau amplas halus. Aki sepeda motor matic yang terkorosi dapat menghambat aliran listrik dan membuat sepeda motor tidak dapat dihidupkan.

4. Buka tutup bahan bakar sepeda motor matic

Beberapa sepeda motor dengan transmisi matic tidak dapat dihidupkan jika tutup bahan bakar ditutup. Sebelum menghidupkan sepeda motor matic, pastikan tutup bahan bakar kendaraan Anda terbuka.

5. Lepas kunci samping

Beberapa sepeda motor matic dilengkapi dengan kunci samping, dan jika kunci tersebut terpasang, sepeda motor matic tidak dapat dihidupkan. Sebelum menghidupkan mesin motor matic, pastikan kunci samping telah dilepas.

6. Jalankan kickstarter

Jika sepeda motor matic Anda dilengkapi dengan kickstarter, coba hidupkan mesin dengan kickstarter. Untuk melakukan ini, tekan kickstarter dengan kuat menggunakan kaki Anda.

BACA JUGA:Keren Banget! 7 Kelebihan Transmisi Baru Motor Matic Yamaha Bernama Y-AMT

BACA JUGA:Simak Nih! Perbandingan Motor Matic Nmax Turbo dan Honda ADV 160

Hal ini akan membantu mengatasi masalah kegagalan starter pada sepeda motor matic.

7. Mengatasi Masalah Kelistrikan

Kerusakan pada peralatan elektronik seperti sensor, kabel, atau modul unit kendali juga dapat membuat sepeda motor matic tidak dapat dihidupkan.

8. Ganti sekring yang putus

Kategori :